icon-category Health

Hindari Diabetes dengan Hidup Bebas Stres

  • 30 Jan 2018 WIB
Bagikan :

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG  --  Munculnya penyakit diabetes yang disebabkan stres salah satunya dipicu faktor lingkungan dan tempat tinggal yang tidak sehat. Hal itu diungkapkan praktisi kesehatan dr. Sonia Wibisono dalam seminar "Menghindari Diabetes dengan Hidup Bebas Stres"

"Saat seseorang stres, kelenjar pituitari di dalam otak menurunkan produksi hormon serotonin," katanya di Bandung, Senin (29/1).

Serotonin adalah hormon yang teramat kompleks dengan banyak tugas, misalnya mengatur mood, mempengaruhi kelenjar pankreas mengeluarkan insulin dan lain-lain.

"Saat stres produksi serotonin berkurang, maka kemampuannya untuk meningkatkan produksi insulin berkurang, akibatnya hormon insulin pun minim," katanya dalam talkshow dan seminar kesehatan "Menghindari Diabetes dengan Hidup Bebas Stres" di Podomoro Pavilion.

Lebih jauh Sonia menyebutkan insulin adalah hormon yang diproduksi pankreas untuk mengatur atau menurunkan kadar glukosa dalam darah, dengan cara membantu glukosa masuk dalam sel yang membutuhkan glukosa untuk hidup.

"Sederhananya, insulin membuat kadar gula darah seseorang stabil. Nah, saat kita stres, hormon serotonin diproduksi dalam jumlah sedikit, insulin otomatis berkurang, dan ini mengurangi kemampuannya menetralisir gula darah. Karena darah kekurangan pasokan insulin, glukosa darah akan tetap berada pada aliran darah tanpa bisa memasuki dinding sel, maka terjadilah kenaikan gula darah," kata dia.

Menurut dia agar tidak stres caranya selalu berpikir positif dan iklhas, serta melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat gembira. Seperti olahraga, mengerjakan hobi, bergaul dengan teman, serta melakukan aktivitas yang dekat dengan alam.

Sebuah penelitian yang dilakukan Geisinger Health System di Danville, Pennsylvania, Amerika Serikat menyatakan lingkungan memiliki dampak besar terhadap para penderita diabetes.

Survei yang melibatkan 15.308 responden pasien diabetes menyebutkan, mereka yang tinggal di lingkungan tak sehat memicu perkembangan diabetes menjadi lebih buruk.

Hasil survei yang dipublikasikan awal tahun ini untuk meneliti sejauh mana dampak tempat tinggal terhadap penyakit yang diderita.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : Diabetes Stress 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini