home ×
Digilife

Hindari Fotofobia Saat Bermain Gadget

14 December 2020 By
Hindari Fotofobia Saat Bermain Gadget
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Uzone.id Sangat disayangkan banyak yang tidak menyadari betapa pentingnya kesehatan mata. Bahkan seringkali orang-orang baru menyadari hal buruk terjadi, saat merasa tidak nyaman pada area mata mereka.

Nah, bicara yang satu ini tentunya perlu diketahui apa saja penyebabnya, dan salah satunya adalah pemilihan lampu yang kurang tepat. Mungkin Anda bingung saat membacanya, tapi inilah faktanya

Jika melangkah keluar atau melihat lampu membuat mata Anda ingin berlindung, atau merasa berkunang-kunang maka cahaya benar-benar mengganggu mata Anda.

Memang merasa peka terhadap cahaya saat beralih dari kegelapan relatif ke lingkungan yang cerah adalah normal, tapi seharusnya dapat memudar dengan cepat. Tetapi jika Anda menderita fotofobia dimana istilah medis untuk kepekaan ekstrem terhadap cahaya, berarti cahaya telah melukai mata Anda.

Beberapa masalah kesehatan dapat menyebabkan kepekaan terhadap cahaya, dan mereka benar-benar menjalankan keseluruhan. Berikut ini yang paling umum untuk diperhatikan.

Gejala Fotofobia yang Harus diperhatikan

Pertama adalah mata kering adalah kondisi yang sangat umum, dan terjadi karena mata tidak dapat melumasi dirinya sendiri dengan benar karena terdapat masalah. National Eye Institute (NEI), mengungkapkan jika air mata sangat penting untuk menjaga kesehatan indera penglihatan, sehingga jika terlalu kering maka membuat tidak nyaman.

Ketidaknyamanan ini berasal dari mata yang kering, dan memengaruhi kornea Anda. Dalam hal ini kornea memiliki banyak saraf-saraf yang harus dilindungi. Sehingga masalah apapun yang terjadi menandakan ada sesuatu yang salah pada kornea Anda, ungkap JP Maszczak, O.D., asisten profesor optometri klinis di Ohio State University College of Optometry.

Gejala umum yang dapat ditemui seperti mata kering, seperti kering perih, terbakar, nyeri, kemerahan, keluar cairan, gatal, dan perasaan seperti ada yang mengganjal pada bagian mata meskipun tidak ada apa-apa, kata NEI.

BACA JUGA: Kenapa Boikot JNE Mencuat di Harbolnas 12.12?

Cara satu satunya untuk merawat mata kering adalah menggunakan obat-obatan yang dijual bebas seperti air mata buatan, kata NEI. Namun jika Anda mengalami kasus yang lebih parah, maka dokter mungkin merekomendasikan pengobatan lain, seperti obat tetes kortikosteroid untuk mengurangi peradangan yang dapat membantu menyumbat saluran air mata dan menjaga kelembapan. Selain itu gunakan lampu dengan fitur eye care, yang mampu melindungi kesehatan mata Anda.

Kedua adalah migrain, mengalami sakit kepala seperti ini dapat disebabkan akibat mata yang sensitive terhadap cahaya. Lebih dari itu sebagain orang bahkan dapat merasa mual, penglihatan kabur, dan pusing, kata Mayo Clinic.

Menurut para ahli kesehatan migrain adalah kondisi kesehatan yang menggangu pembuluh darah di otak dan juga menyebabkan pelepasan zat inflamasi seperti prostaglandin, yang bisa menimbulkan rasa sakit.

Sementara itu mekanisme di balik sensitivitas cahaya secara spesifik terkait dengan iritasi saraf trigeminal, saraf kranial yang bertanggung jawab atas sensasi di wajah Anda, ungkap Ilan Danan, MD, M.Sc., ahli saraf olahraga di Center for Sports Neurology and Pain Medicine di Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute di Los Angeles.

Tidak hanya migrain yang dapat menyebabkan kepekaan terhadap cahaya, tetapi juga bisa terjadi sebaliknya. Cahaya terang adalah pemicu migrain yang terkenal, bersama dengan meningkatnya kadar estrogen, karena makanan seperti keju tua, alkohol dan kafein, stres menurut Mayo Clinic.

Jika Anda mengalami migrain, bicarakan dengan dokter tentang pilihan pengobatan. Karena perawatan migrain yang tepat sifatnya sangat individual untuk setiap orang, tetapi untuk perawatan awal, gunakan obat pereda nyeri, dan pastikan untuk mengganti penerangan Anda yang terbaik.

Memilih Penerangan yang Terbaik

Bukanlah perkara mudah, akan tetapi percayakan pada Ruparupa yang memberikan perlindungan mata yaitu eyecare. Dengan memilih penerangan lampu Led terbaik, maka bukan saja baik untuk kesehatan indera penglihatan, tapi juga hemat energi.

Tapi tahukah Anda jika Ruparupa adalah official online store dari Ace hardware, Informa, serta Toys Kingdom yang merupakan brand dari Kawan Lama Group. Nikmati Belanja online yang menyenangkan, dengan berbagai promo terbaru untuk setiap penggunanya.

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id