icon-category Digilife

Hobi Belanja Online? 5 Hal Ini Wajib Diperhatikan Saat Paket D​​atang

  • 15 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Ist

    Uzone.idPakeeet! Rasanya hampir semua orang akan langsung bersemangat membuka pintu rumah dan lari ke dekat pagar untuk menghampiri kurir yang berteriak satu kata mujarab ini. Eits, tapi nyatanya ketika paket alias pesanan kita sampai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, nih.

    Aktivitas belanja online sudah menjadi gaya hidup sehari-hari, apalagi sejak pandemi melanda, masyarakat Indonesia semakin gencar melakukan pembelian berbagai produk dan layanan melalui layanan digital, termasuk e-commerce.

    Sebagai salah satu e-commerce populer di Indonesia, Tokopedia membagikan beberapa tips berfaedah bagi konsumen yang terkadang suka lupa diri ketika paket dari pembelian online datang dan langsung menyelesaikan pesanan begitu saja.

    Baca juga: Berapa Budget yang Dihabiskan Orang Indonesia untuk Belanja Online?

    Dalam rangka memperingati Hari Hak Konsumen Sedunia pada hari ini, Selasa, 15 Maret 2022, berikut 5 tips yang dapat kita terapkan saat paket sudah tiba di rumah.

    1. Jangan buru-buru klik ‘Selesaikan Pesanan’
    Nah, ini jadi poin menarik karena sebenarnya hal ini demi kepentingan kita juga sebagai konsumen.

    “Pembeli harus memastikan terlebih dahulu produk yang diterima betul-betul sesuai dengan pesanan. Karena jika pengguna sudah klik ‘Selesaikan Pesanan’ otomatis dana akan langsung diteruskan e-commerce ke penjual – dalam hal ini Tokopedia,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

    2. Segera cek barang
    Saat barang kita sudah sampai, memang sudah semestinya kita langsung mengecek isinya. Namun, sebisa mungkin biasakan juga langsung ambil foto atau lakukan video unboxing sebagai bukti atas produk yang diterima

    Apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi produk, klik ‘Ajukan Komplain’ dan sertakan bukti yang diperlukan –bisa dalam bentuk foto atau video– untuk mendapatkan solusi.

    Baca juga: Pelaku UMKM Perempuan di Tokopedia Melejit Sampai 2,5 Kali Lipat

    3. Perhatikan batas waktu komplain
    Apabila barang yang diterima bermasalah, pembeli biasanya dapat mengajukan komplain dalam waktu maksimal 2x24 jam sejak status pesanan tiba di tujuan.

    “Pastikan kalian mengajukan komplain sesuai dengan batas waktu supaya kendala bisa ditangani,” tambah Ekhel.

    4. Cek ongkos kirim akhir
    Jika mengalami kendala biaya pengiriman yang tidak sesuai, maka pengguna dapat mengajukan pengembalian ongkos kirim kepada penjual.

    Pengguna hanya perlu mengajukan komplain dan sertakan alasan biaya pengiriman berbeda lalu unggah bukti foto yang menampilkan ketidaksesuaian biaya pengirimannya.

    5. Jangan lupa kasih review
    Review atau ulasan dari pembeli bisa sangat membantu penjual meningkatkan reputasi toko, apalagi bagi pelaku UMKM yang baru merintis bisnis dan membutuhkan masukan serta reputasi tersebut.

    “Ulasan pembeli bisa mendukung kemajuan belasan juta penjual di e-commerce, khususnya di Tokopedia sendiri yang hampir 100 persennya UMKM,” tutup Ekhel.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini