icon-category Auto

Honda Civic Estilo: Old but Gold

  • 18 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Gading Marten pose bareng Honda Civic Estilo dan Toyota Great Corolla (Foto: Instagram @gadiiing)

    Uzone.id - Otak benar-benar dibuat mumet melihat harga Honda Civic Estilo yang saat ini harganya sama dengan city car atau hatchback, alih-alih sudah jadi mobil tua bangka.

    Saya melihat salah satu e-commerce jual beli mobil bekas, Civic Estilo produksi tahun 1992 dijual dihargai Rp199 juta, sedangkan paling mahal keluaran tahun 1993 dihargai Rp290 juta.

    Mobil-mobil tersebut terlihat di foto masih kinyis-kinyis seperti baru keluar dari diler meskipun usianya sudah mencapai 20 tahun. Old but gold, bukan!

    Nah, karena produksinya sangat sedikit, maka wajar Civic Estilo menjadi rare item sehingga jadi buruan kolektor.

    BACA JUGA: Ada Yamaha XMAX Edisi Darth Vader, Harganya Rp80 Jutaan

    Selain itu, bagi aliran racing look dan pencinta drag race tentu saja Civic Estilo dua pintu ini menjadi pilihan menarik. Artis Gading Marten pun punya koleksi Civic Estilo yang sudah dikustomisasi di bagian kaki-kakinya.

    Gading Marten pose bareng Honda Civic Estilo (Foto: Instagram @gadiiing)

    Desain Civic Estilo seakan abadi dengan bentuknya yang membulat, jauh dari kesan sangar.

    Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan bahwa Civic Estilo dibuat di pabrik Sunter Gaya Motor pada tahun 1992-1995 dengan kapasitas produksi sekitar 50 unit per shift, seperti dilansir dari Kompas.com.

    Billy memperkirakan Civic Estilo bisa mahal harganya karena demand tinggi, namun cuma sedikit pemilik yang mau melepas koleksinya.

    “Banyak yang cari karena model eksteriornya tidak ketinggalan zaman sampai sekarang dengan karakter sporty-nya yang terus melekat,” ujar dia.

    Selain itu, kata dia, faktor ketersediaan suku cadang dan model yang mudah dimodifikasi bikin penggemar Estilo makin banyak.

    “Sekarang banyak yang jual sampai Rp 200 juta, kalau partnya orisinil dan kondisi prima,” tutur dia.

    BACA JUGA: Detail Ubahan Wuling Cortez CT Lux+ 2022, Makin Canggih!

    Keunggulan dan Kekurangan Civic Estilo

    Honda Civic Estilo, yang punya kode bodi SR3 ini punya banyak keunggulan seperti sparepart yang berlimpah dengan harga yang terjangkau.

    Selain itu, sistem pengereman sudah menggunakan cakram di keempat rodanya. Mobil ini nyaman dikendarai karena mendapat suspensi jenis double wishbone, akselerasi yang bagus, dan konsumsi BBM yang termasuk irit di zamannya.

    Bodi aerodinamis dan tampilannya yang mewah dan penuh gaya membuat banyak yang jatuh cinta sama mobil ini.

    Kekurangan pada Civic Estilo, terutama produksi di bawah tahun 1994 mudah overheat karena cuma punya satu supply radiator, belum menggunakan mesin VTEC, belum ada airbag dan bagian kaki-kaki yang agak rentan rusak.

    Kekurangan lainnya adalah minimnya ruang penyimpanan pada kabin dan karena mobil ini cuma dua pintu maka penumpang belakang mengalami kesulitan saat keluar-masuk.

    Dimensi dan Performa

    Civic Estilo memiliki dimensi (Panjang x Lebar x Tinggi) 4.070 mm x 1.695 mm x 1.350 mm dengan ground clearance 160 mm, jarak sumbu roda 2.570 mm.

    Hatchback ini membawa mesin berkode D16B2 1.590 cc SOHC 16 Valve dengan sistem injeksi PGM-FI, yang bisa menghasilkan tenaga 120 hp @6.300 rpm dan torsi 140 Nm @5.500 Rpm.

    Konsumsi bensin bisa mencapai 1:10 dalam kota, sedangkan luar kota bisa mencapai 1:12.

     

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini