home ×
Auto

Honda Jazz India Pakai Mesin 1.2L, di Indonesia Buat LCGC

30 August 2020 By
Honda Jazz India Pakai Mesin 1.2L, di Indonesia Buat LCGC
Share
Share
Share
Share

Honda Jazz BS6 untuk pasar India (Foto: Honda) 

Uzone.id - Honda Jazz terbaru untuk pasar India telah dirilis baru-baru ini. Tampilan paling mencolok adalah penggunaan fitur sunroof yang belum disematkan pada model Jazz yang dijual di Indonesia.

Namun, mesin yang dipakai Jazz untuk konsumen di India menggunakan mesin bensin BS6 (setara Euro 6) 1.2L.

Nah, kalau di Indonesia mesin 1.2L buat Honda Brio Satya yang masuk segmen LCGC.

Sebelumnya, Honda Jazz di India menggunakan mesin diesel 1.5L.

Namun, karena India menerapkan standar emisi lebih ketat, yakni BS6, maka mesin diesel 1.5L dihapus dan cuma saat ini cuma tersedia mesin bensin 1.2L, di mana tenaga dan torsinya sama dengan mesin Brio yang dijual di Indonesia.

BACA JUGA: Toyota Fortuner Facelift Sudah Hadir di Indonesia

Mesin 1.2L sudah dipasangkan dengan gear box CVT, sedangkan diesel 1.5L cuma tersedia transmisi manual 6-percepatan.

Jajesh Goel, Senior Vice President Marketing and Sales Honda Cars India Limited (HCIL), mengatakan bahwa selama tahun 2019 - 2020, kontribusi Honda India terhadap penjualan secara keseluruhan hampir 80 persen dari mesin bensin dan cuma 20 persen dari mesin diesel.

Namun, tren tersebut berbeda di setiap segmen produk. Meskipun ada peningkatan preferensi pasar terhadap mesin bensin, namun Honda India yakin permintaan mesin solar tidak hilang dalam waktu dekat.

"Karenanya, dalam jajaran BS6 kami, kami sudah memutuskan secara strategis untuk menawarkan model diesel di segmen tertentu sesuai dengan preferensi pelanggan kami," kata Jajesh Goel.

Di sisi lain, kata Jajesh Goel, pelanggan Jazz hatchback premium semakin memilih model bensin. Oleh sebab itu, Jazz terbaru di India cuma dijual dalam versi mesin bensin saja.

Di India, Honda Jazz merupakan rival Hyundai i20, Suzuki Baleno dan Tata Altroz dengan mesin diesel 1.5L yang memenuhi standar BS6.

Honda Jazz 1.2L paling murah (tipe V MT) 749.900 rupee (harga ex-showroom) atau sekitar Rp148 juta (kurs Rp198 per 1 rupee). Sedangkan varian paling mahal (tipe ZX CVT) dipasarkan 973.900 rupee atau sekitar Rp192 juta.

Mesin Honda Jazz varian diesel 1.5L (1.498cc) 16V i-DTEC yang sudah tidak dijual lagi, punya tenaga 98.6 brake horse power (bhp) dan torsi 200 Nm. 

Berbeda dengan Honda Jazz mesin bensin  1.2L i-VTEC BS6 dipasangkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan CVT 7-percepatan.

Mesin tersebut menghasilkan tenaga 90 PS (88,7 hp) pada 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm. 

Mesin tersebut diklaim memiliki konsumsi bensin 16,6 km per satu liter. Berbeda dengan transmisi CVT bisa mengonsumsi 17,7 km per satu liter.

Bandingkan dengan All New Honda Jazz yang dipasarkan di Indonesia menggendong mesin bensin 1.5L SOHC i-VTEC punya tenaga 120 ps (118,3 hp) dan torsi 145 Nm.

Berikut harga All New Honda Jazz di Indonesia pada Agustus 2020:

1. S M/T - Rp250.200.000.

2. S CVT - Rp260.500.000.

3. RS M/T - Rp282.300.000.

4. RS CVT - Rp292.500.000.

 

VIDEO Honda CBR250RR SP Quick Shifter First Ride di Sirkuit

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article