Auto

Honda Siapkan Rp 5 Triliun untuk Tingkatkan Kandungan Lokal Brio

  • 26 November 2019
  • Bagikan :
    Honda Siapkan Rp 5 Triliun untuk Tingkatkan Kandungan Lokal Brio

    Honda Brio (Foto: Bagja / Uzone.id)

    Uzone.id - Performa penjualan Honda Brio yang terbilang bagus ngebuat Honda gak ragu menyiapkan banyak uang untuk meningkatkan kandungan lokanya.

    Honda siap merealisasikan investasi senilai Rp 5,1 triliun di Indonesia khusus untuk roda empat mulai dari 2019 ini sampai 2023.

    "Itu untuk pengembangan model, lokalisasi - pendalaman industri (Tingkat Kandungan Dalam Negeri). LCGC kami kan sudah 89 persen TKDN-nya tapi kami terus fighting supaya membuat cost itu kompetitif caranya dengan pendalaman lokalisasi," seru Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM.

    VIDEO Review Xpander Cross First Impression:

    Jadi kedepannya, kandungan lokal Honda Brio Satya akan semakin banyak, artinya, lebih dari 90 persen komponen-komponennya sudah dibuat di Indonesia.

    Hal ini ada kaitannya dengan perubahan harmonisasi skema Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) kendaraan bermotor.

    Dalam PPnBM yang akan diterapkan pada 2021, LCGC seperti Brio Satya akan kena pajak 3 persen.

    "Maka kami harus compete lah. Ya local content harus banyak. Kita selalu ikuti terus kewajiban yang diberi pemerintah dalam aturan KBH2. Kita ikuti terus sampai harga kita compete, volume banyak, kita bisa terapkan juga di Mobilio dan BR-V hingga kita bisa ekspor juga," tambah Yusak.

    Baca juga: Honda Brio Satya Terus Selamatkan Honda dari Keboncosan

    Honda Brio Satya sendiri, sejauh ini jadi andalan pejualan Honda di Indonesia dan masih menjadi mobil paling laris dari Honda, dengan penjualan rata-rata 4.000 - 5.000 unit perbulannya.

    Dibekali mesin 1.200cc dengan tenaga sebesar 90 hp dan torsinya 110 Nm, yang disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan otomatis CVT, sehingga ngebuatnya sebagai LCGC paling bertenaga dan fun to drive.

    Selain untuk meningkatkan kandungan lokal, investasi triliunan tersebut juga dikatakan Honda untuk pengembangan model barunya, yang bisa jadi juga bakal mengusung komponen lokal yang tinggi.

    VIDEO Review dan Nyoba Motor Listrik Lokal, Gesits:

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini