home ×
Auto

Honda Tunggu Xpander Cross dan XL7 "Lemas" Baru Hadirkan BR-V Model Baru

20 February 2020 By
Honda Tunggu Xpander Cross dan XL7
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Ditengah derasnya pemberitaan dua low SUV berbasi MPV, Xpander Corss dan Suzuki XL7, Honda sebenernya sudah lebih dulu menghadirkan BR-V beberapa tahun sebelumnya.

Melihat dua merek tersebut saling bertarung, apakah Honda diam saja? "Pastinya kita gak mungkin diam dong," jawab Yusak Billy, Business Innovation, Sales, and Marketing PT. Honda Prospect Motor (HPM).

Namun, sebelum membicarakan perubahan model pada Honda BR-V, Honda melalui Yusak lebih memilih untuk mencari tau dulu, kapan momen yang tepat untuk menghadirkan BR-V terbaru.

Baca juga: Sanggupkah Xpander Cross Melawan Sodoran Promo XL7?

Dari pemberitaan media, lanjut Yusak, selalu menginginkan Honda secepatnya menghadirkan BR-V model baru untuk menantang dua merek pesaingnya itu.

"Tapi apa benar konsumen sudah menginginkan BR-V terbaru? Menurut kalian, media, baiknya kita hadirkan kapan? Opini media penting buat kami lho. Coba, baiknya kapan?" tanya Yusak.

Baiklah pak, saya coba jawab. Begini.. Sebagai pionir SUV 7 penumpang berbasis MPV melalui sosok BR-V, Honda memang terlihat atau seharusnya jauh lebih dewasa dan gak reaksioner dalam menyikapi persaingan produk.

Begitu juga dengan BR-V. Emang, jualannya lemas beberapa tahun terakhir. Ditambah, munculnya pesaing, jelas bakal ngebuat BR-V makin tertekan. Tapi, apa iya, menghadirkannya saat ini juga adalah langkah yang baik buat Honda?

Belum tentu. Kenapa? Karena saat ini konsumen sudah tertuju pada dua pesaingnya, Xpander Corss dan Suzuki XL7. Dan ketika Honda menghadirkan BR-V saat ini, tingkat perjudiannya lebih tinggi.

Iya, kalau BR-V ubahannya radikal dan dilirik pasar lagi, tapi kalau enggak, justru malah tenggelam dari dua merek pesaingnya yang lagi panas. Kan sia-sia meluncurkan BR-V model baru. Langkah ini terjadi tahun lalu ketika BR-V facelift hadir dan dicuekin..hiks.

Baiknya, Honda saat ini lebih menguatkan lagi formasi bertahannya dan menunggu momentum dua pesaingnya itu berakhir. Toh, hingar bingar sebuah produk baru, cepat atau lambat pasti berakhir.

Setelah Xpander Cross dan XL7 melesu, baik pemberitaan dan penjualan, barulah disitu momen tepat Honda untuk menghadirkan BR-V model baru.

Bukankah ini malah ngebuat kemunculan BR-V justru terlambat? Ya enggak. Kecuali BR-V adalah pemain baru disegmen tersebut. Justru karena BR-V adalah pionir, maka gak ada beban telat hadir atau telat bersaing.

Dengan memanfaatkan momentum kekosongan saat Xpander Cross dan XL7 sudah meredup, disitulah Honda memunculkan BR-V model baru. Selain bisa ngebuat publik melirik fokus pada BR-V, juga mengangkat kembali segmen low SUV di Indonesia.

Strategi macam begini juga bukan hal baru buat Honda di Indonesia. Langkah seperti ini pernah dilakukan Honda, tapi disegmen low MPV.

Kala itu, disaat banyak pabrikan meramaikan low MPV untuk menyaingi Avanza-Xenia, Honda mengulur waktu sampai para pesaingnya meredup, barulah Mobilio muncul dan meledak.

Langkah yang sama dilakukan Mitsubishi dengan Xpander. Kenapa Xpander booming, salah satunya karena Mitsubishi cerdas memainkan momentum. Saat low MPV lesu, ditambah SUV naik daun, Mitsubishi memunculkan Xpander, sebuah low MPV yang berwajah SUV. Booom...

Nah Honda, jadi ketika bertanya kapan sebaiknya BR-V model baru dihadirkan, kira-kira, jawaban dari kami seperti itu. Terus bertahan dan bersabarlah..

VIDEO Review Suzuki XL7, Ertiga Versi Crossover:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article