icon-category Digilife

Hooq Dimatikan, Gimana Nasib Pengguna yang Pakai Telkomsel?

  • 28 Apr 2020 WIB
  • Bagikan :

    (Ilustrasi/dok. Telkomsel)

    Uzone.id -- Layanan streaming Hooq resmi dimatikan per 1 Mei 2020 setelah pemegang sahamnya, Singtel memutuskan untuk melikuidasi bisnisnya. Bagaimana nasib layanannya yang ada di dalam aplikasi MAXstream milik Telkomsel?

    Dari penjelasan GM External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim, perusahaan telekomunikasi itu melalui MAXtstream sudah menutup layanan Hooq secara bertahap.

    “Melalui MAXstream kami sudah mulai melakukan penutupan layanan Hooq secara bertahap sejak 30 Maret 2020,” terang Aldin kepada Uzone.id, Selasa (28/4).

    Baca juga: Layanan Hooq Dimatikan, Pengguna Masih Bisa Akses Sampai 30 April

    Dia melanjutkan, “di aplikasi MAXstream, konten-konten di Hooq terakhir dapat diakses pada 27 April kemarin, sedangkan di aplikasi Hooq sendiri sampai 30 April mendatang.”

    Dengan kata lain, layanan Hooq sudah diberhentikan dari MAXstream sejak kemarin Senin (27/4).

    Lantas, apa yang terjadi setelah 30 April mendatang?

    “Setelah melewati batas 30 April 2020 saat aplikasi Hooq tidak dapat diakses, kuota MAXstream, OMG, Entertainment tidak dapat dipakai untuk mengakses layanan Hooq, namun kuota tersebut masih dapat digunakan sampai dengan masa berakhir kuota untuk konten MAXstream lain,” tutup Aldin.

    Baca juga: Reaksi Netizen Layanan Streaming Hooq Ditutup

    Seperti diketahui, dari penuturan Country Head Hooq Indonesia, Guntur Siboro, keputusan diberhentikannya Hooq telah ditetapkan pada 13 April 2020.

    Keputusan ditutupnya Hooq berasal dari kesepakatan yang diputuskan oleh induk Hooq di Singapura. Sebab jika induknya dihentikan, maka Hooq Indonesia turut berhenti. Dari penjelasan Guntur, hal ini dikarenakan content rights dipegang oleh Singapura.

    Singtel selaku pemegang saham utama Hooq mengajukan voluntary liquidation, yang berarti ajuan untuk pemberhentian operasional pada Hooq. Keputusan ini terpaksa diambil berdasarkan pada kebijakan bisnis dan ekonomi yang belakangan sedang terpengaruh oleh faktor eksternal.

    Hooq Indonesia selama ini menyuguhkan deretan konten lokal yang dekat dengan masyarakat Tanah Air, dari tayangan lawas Warkop, film-film lokal lama maupun baru, hingga serial orisinal.

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini