home ×
Gadget

Huawei HarmonyOS 2.0 Meluncur 10 September, Debut di Smartphone 2021

07 September 2020 By
Huawei HarmonyOS 2.0 Meluncur 10 September, Debut di Smartphone 2021
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Semakin ketatnya larangan untuk bekerja sama dengan perusahaan Amerika, Huawei makin tak bisa berkutik dan harus melepas ketergantungan dari Android. Mereka pun mengatakan sudah siap untuk memperkenalkan smartphone pertama mereka yang berbasis HarmonyOS tahun depan, namun HarmonyOS 2.0 akan diluncurkan 10 September nanti.

Hal ini diungkap oleh CEO Consumer Business Huawei Richard Yu. Dilansir melalui laman MS Power User, Yu memastikan jika ekosistem HarmonyOS sudah siap dan Huawei akan meluncurkan smarphone pertama yang memiliki sistem operasi tersebut di 2021.

"Televisi yang memiliki sistem IOT OS sudah dijual di China namun kami ingin membuat HarmonyOS 2.0 sebagai alternatif OS Android di dunia," ujar Yu.

Lebih lanjut Yu menjabarkan jika ekosistem OS baru besutan perusahaan China itu sudah lebih dari siap. Sampai saat ini Huawei mengklaim jika pengguna aktif bulanan HarmonyOS sudah mencapai 700 juta. Di dukung juga dengan 1,6 juta developer yang terdaftar.

"Selain itu, HarmonyOS kini telah memiliki 81 ribu aplikasi yang sudah terkoneksi dengan HMS Core, alternatif dari Google Play Service," ujar Yu.

Huawei juga baru-baru ini mengumumkan pembaharuan di toko aplikasi HarmonyOS, yakni HMS Core 5.0. Toko aplikasi yang ada di smartphone Huawei itu telah melayani tujuh kategori aplikasi, termasuk App Service, Graphics, Media, AI, Smart Device, Keamanan, dan System.

Tak hanya masalah di software, Huawei juga menghadapi tantangan besar di bisnis ponsel setelah produsen chip TSMC tak akan lagi menyuplai prosesor kepada Huawei. Keputusan itu akan berlaku mulai 15 September 2020.

"Sayangnya, gara-gara sanksi Amerika, TSMC hanya menerima order dari kami sebelum 15 September. Setelah itu, mereka tak akan lagi bisa memproduksi chip untuk Huawei. Jadi Kirin 9000 merupakan generasi terakhir dari chip high-end Kirin Huawei," Yu mengonfirmasi.

Kabarnya, Huawei saat ini sedang mendekati MediaTek untuk mengembangkan chip-nya.

Huawei juga dikabarkan akan meluncurkan HarmonyOS 2.0 dalam perhelatan HDC Developer Conference 2020 pada 10 September nanti. Mereka juga akan memamerkan produk baru, termasuk smartphone pertama yang beroperasi dengan HarmonyOS.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Adhii Aey 08 September 2020 | 05:25:35

gak ada yang bisa kita lihat di duh aq gak

zarkasyi hasbi 07 September 2020 | 20:07:32

gak siap mencoba produk terbadu huawei

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article