icon-category Auto

Huawei Kejar Xiaomi Ikutan Bikin Mobil Listrik di China

  • 10 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Setelah Xiaomi SU7 diperkenalkan belum lama ini, Huawei dikabarkan siap mengikuti jejak Xiaomi untuk membuat mobil listriknya sendiri.

Dikutip dari Carnewschina, mobil listrik buatan Huawei akan berbentuk sedan dengan nama Stelato X4.

Mobil listrik Stelato X4 ini dibuat dari hasil kerjasama antara Beijung Automotive Industry Holding (BAIC) dan Jianghuai Automobile Group (JAC). Perusahaan tersebut sebelumnya memproduksi Nio, namun saat ini sudah tidak lagi.

Baru-baru ini Stelato X4 tertangkap kamera muncul di jalan raya meskipun masih ditutupi oleh stiker kamuflase. Dari bocoran gambar tersebut, Stelato X4 akan tampil cukup agresif dengan lampu tipis di depan dan lampu belakang yang cukup sporty.

Di bagian bumper depan, Stelato X4 memiliki saluran masuk udara dengan bentuk yang cukup besar.

Kabarnya Stelato X4 ini akan dibekali dengan fitur spion menggunakan kamera dan sensor LiDAR di bagian atap mobil.

Meski beberapa hal dari mobil listrik Stelato X4 ini sudah bocor, namun dari segi penggerak listriknya masih belum diketahui. Kabar yang beredar, kemungkinan besar mobil sedan tersebut akan mengadopsi e-motor dari Huawei.

Seperti halnya mobil sedan Luxeed S7 yang diluncurkan sebelumnya menggunakan penggerak 4WD yang menghasilkan tenaga hingga 375 kW. Besar kemungkinan Stelato X4 akan mengadopsi penggerak listrik yang sama.

Kabarnya mobil listrik Stelato X4 ini akan masuk pasar china pada Q1 2024 dengan harga banderol sekitar 300.000-400.000 yuan. Harga tersebut jika dikonversikan maka setara dengan Rp654 juta - Rp873 jutaan.

Perlu diketahui, sebelumnya Huawei sudah berkolaborasi dengan Seres yang merupakan anak perusahaan Dongfeng. Bersama-sama mereka telah menciptakan mobil listrik emrek Aito yang memiliki tiga produk crossover yakni M5, M7, dan M9.

Sementara merek mobil listrik baru bikinan Huawei dan BAIC akan diberi nama Stelato. BAIC juga merupakan perusahaan yang merakit sedan listrik Xiaomi SU7 yang sudah meluncur terlebih dahulu.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini