icon-category Gadget

Huawei MateBook D16 Tampil dengan Desain dan Prosesor Baru

Uzone.id - Laptop terbaru Huawei MateBook D16 resmi diluncurkan dalam acara bertajuk ‘Huawei Smart Office New Product Launch’. Laptop ini menjadi segmen baru dari Huawei lantaran ukuran layarnya yang jauh lebih besar ketimbang MateBook D14 dan D15.

Tim Uzone.id menghadiri langsung acara yang diselenggarakan di BITEC, Thailand pada Rabu (27/7). Selain membawa ukuran layar yang lebih luas, Huawei MateBook D16 pun tampil dengan desain dan material yang baru serta spesifikasi yang jauh lebih kencang dari dua saudaranya.

Huawei benar-benar mengerjakan ulang desain dari MateBook D16, baik dari eksterior maupun materialnya. Walau ukurannya terbilang besar, laptop ini masih nyaman untuk dibawa kemanapun berkat bobotnya yang hanya 1,7kg saja.

Casing-nya terbuat dari material yang tangguh dengan sistem pendingin yang proper untuk mencegah terjadinya overheat. Laptop ini dilengkapi dengan kipas pendingin serta heat pipe agar performanya tetap berada di level tinggi dan tidak menimbulkan hawa panas berlebih.

Laptop terbaru Huawei ini mengusung panel IPS LCD berukuran 16 inci dengan resolusi Full HD. Aspek rasionya melebar 16:10 dengan refresh rate standar 60Hz. 

Cukup disayangkan saja, layarnya belum OLED seperti kompetitornya. Juga, tak ada dukungan HDR maupun sensor intensitas cahaya. Meski begitu, kontras yang ditampilkannya cukup baik, begitupun dengan kualitas warna dan detail yang diperlihatkannya.

Layar ‘bezel-less’ dengan webcam di atas

Huawei akhirnya mendengar keluhan para pengguna MateBook D14 dan D15 yang terganggu dengan posisi webcam pada keyboard. Pasalnya, kamera ini bikin tampilan wajah di layar berada pada sudut yang tak bagus.

Alih-alih fokus ke bagian wajah tengah dengan posisi yang pas, kamera ini malah menyorot bagian leher maupun dagu. Kalaupun posisi laptop ditinggikan, tetap saja sudut pandangnya berada di bagian bawah karena pengguna melihat ke layar, bukan ke bagian kamera di bawah.

Kekurangan tersebut didengar Huawei. Kini, MateBook D16 masih tampil bezel-less dengan rasio layar terhadap bodi mencapai 90 persen. Posisi webcam kembali pada tempatnya, yakni di bagian atas dengan letak yang simetris.

Selain posisi webcam yang kembali ke asalnya, kamera dengan resolusi 1080p ini didukung oleh teknologi berbasis AI (kecerdasan buatan) dan pengambilan gambar lebar atau wide-angle dengan sudut pandang yang lebih luas.

Tidak hanya itu, Huawei juga menghadirkan fitur FollowCam yang memungkinkan kamera mengikuti penggunanya. Ddengan teknologi AI terbaru dari Huawei, pengguna dapat mengaktifkan virtual background sesuai dengan keinginannya yang dapat diaplikasikan di berbagai aplikasi rapat online yang berbeda. Kedua fitur ini juga dapat diatur melalui Huawei Control Panel.

Ditenagai Intel Core 12th Gen Alder Lake

Mengikuti para kompetitor, Huawei MateBook D16 juga turut ditenagai Intel Core 12th Gen (Alder Lake). Ada dua model yang dibawa pabrikan asal China ini, Intel Core i5-12450H untuk model terendah dan Intel Core i7-12700H untuk varian tertingginya.

Laptop ini keluar tanpa diberikan kartu grafis atau GPU discrete. Pemrosesan grafisnya mengandalkan Intel Iris XE Graphics terbaru, ditambah dengan RAM yang masih berjenis LPDDR4x dan dipasangkan dengan memori penyimpanan SSD PCIe dengan kapasitas sampai 512 GB. 

Huawei melengkapinya dengan ketersediaan port yang cukup lengkap, tapi terbilang standar. Ada dua port USB-C, dua USB-A 3.0 dengan versi yang tertinggal, jack audio 3,5mm dan HDMI. Tak ada dukungan Thunderbolt 4, slot SD atau microSD bahkan RJ45 untuk kebutuhan LAN. Sungguh disayangkan memang.

Harga dan Ketersediaan

Huawei MateBook D16 dijual dengan harga mulai Rp13,9 jutaan untuk model Intel Core i5 dan Rp16,9 jutaan untuk varian dengan prosesor Intel Core i7. 

Dalam penjualan pertamanya secara online, konsumen berhak mendapatkan ragam hadiah, seperti tas, mouse, hingga Microsoft Office yang telah terinstall di laptop. Di toko resminya di Tokopedia, total hadiah yang didapatkan pengguna mencapai Rp3,2 juta.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini