home ×
Gadget

Huawei Siapkan Ponsel Lipat Mate X 2 di Pertengahan 2020

27 December 2019 By
Huawei Siapkan Ponsel Lipat Mate X 2 di Pertengahan 2020
Share
Share
Share
Share

(Mate X. Foto: TechRadar)

Uzone.id -- Belum juga dirilis di Indonesia, Huawei sudah dikabarkan siap merilis ponsel layar lipat jilid dua, Mate X 2 pada pertengahan tahun 2020. 

Sebenarnya nama resmi dari penerus Huawei Mate X ini belum diumumkan. Maka, banyak yang langsung memberi ‘nama panggilan’ Mate X 2.

Pada dasarnya belum ada bocoran detail mengenai spesifikasi dari Huawei Mate X 2 ini. Meski begitu, dari apa yang diwartakan DigiTimes, ada pemasok berbasis Taiwan yang merakit layar lipat untuk Mate X 2, serta lipatan atau engsel ponsel.

Kabarnya, produksi massal Mate X 2 baru akan berlangsung sampai pertengahan 2020.

Baca juga: Ini Cara Pakai Layanan Google di Huawei Mate 30 Pro

Meski tren ponsel layar lipat terbilang hype di 2019, kehadiran Mate X di kalangan konsumen lambat laun ‘tenggelam’. Penjualan Mate X dalam skala global sempat tertunda yang awalnya direncanakan pada musim panas 2019. Mulai dari melihat demand pasar dulu, hingga konflik antara pemerintah Amerika Serikat terhadap Huawei.

Kita semua tahu bahwa pihak AS makin insecure terhadap kehadiran Huawei di negaranya, apalagi didorong dengan pengembangan jaringan 5G. Huawei dianggap menjadi alat mata-mata pemerintah China, berangkat dari kecemasan ini maka AS membuat kebijakan agar perusahaan-perusahaan di negaranya memutus hubungan bisnis dengan Huawei.

Gara-gara masalah ini, perangkat Huawei sudah tak lagi didukung oleh sistem operasi Android dari Google.

Alhasil, Mate X bahkan baru meluncur di negara asalnya, China pada November lalu. 

Baca juga: Mate X Huawei Laris Manis di Kampung Halaman

Di sisi lain, CEO Huawei Consumer Business Group Richard Yu sempat mengatakan kalau versi terbaru dari Mate X bisa saja diluncurkan pada Maret 2020. 

Namun, produk yang disinggung Yu itu bukan penerus Mate X, tapi versi upgrade-nya yang tampaknya akan diberi nama Mate XS. 

Mengutip Android Authority, Mate XS ini diotaki prosesor Kirin 990 dengan versi engsel yang lebih ditingkatkan lagi, dan layar lebih kuat. Dari apa yang dikatakan Yu, Huawei Mate XS kemungkinan diperkenalkan pada ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol pada akhir Februari 2020.

Huawei Mate XS kemungkinan besar gak akan masuk ke pasar AS mengingat pemerintah di sana masih sensi dengan perusahaan satu ini.

VIDEO: Hands-on Huawei Mate 30 Pro

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id