icon-category Auto

Hyundai Bikin Platform Mobil Listrik Murah, Bisa untuk Semua Jenis Mobil

  • 16 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Foto: Uzone.id

Uzone.id - Sejumlah pabrikan terus berpikir bagaimana caranya bisa membuat dan menjual mobil listrik urah dengan harga terjangkau. Hyundai salah satunya sebagai pemain di segmen mobil EV.

Hyundai Motor Group berencana untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk semua proses produksi massal secara signifikan, termasuk perencanaan, desain, dan manufaktur, dengan mengembangkan platform bersama.

Platform bersama tersebut terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak, untuk seluruh kendaraan. 

BACA JUGA: Wuling Mini EV Cabrio Dijual Rp180 Jutaan, Sudah Dipesan 150 Ribu Unit

Hal ini akan memungkinkan komponen kendaraan dibagi ke berbagai segmen kendaraan, yang kemudian akan menghasilkan proses pengembangan kendaraan yang lebih efisien serta pengurangan biaya yang lebih besar. 

Dengan pengurangan kompleksitas kendaraan, maka akan semakin meningkatkan efektivitas teknologi SDV.

Perangkat lunak pada kendaraan yang dapat diperbarui dan ditingkatkan secara terus-menerus akan meningkatkan kemampuan Hyundai Motor Group dalam mengamankan revenue stream yang beragam dan stabil.

Dengan penyediaan fitur dan fungsionalitas baru serta memanfaatkan data-data tertentu untuk menawarkan layanan yang dipersonalisasi bagi setiap pelanggan. 

Profitabilitas juga akan ditingkatkan melalui penyingkatan waktu pengembangan kendaraan dan mengurangi biaya melalui standarisasi platform.

HMG juga akan memperkenalkan kendaraan pada tahun 2025 berdasarkan dua platform EV baru, eM, dan eS. Platform baru dari EV ini akan dibuat di bawah sistem Integrated Modular Architecture (IMA) dari HMG.

BACA JUGA: Kenapa Shell Tidak Jual Bensin Murah Sekelas Pertalite?

Platform eM sedang dikembangkan secara khusus untuk EV di semua segmen dan akan meningkatkan 50 persen  jarak mengemudi dalam sekali pengisian daya dibandingkan dengan EV saat ini. 

Platform eM juga sedang dikembangkan untuk mendukung teknologi mengemudi otonom Level 3 atau yang lebih tinggi dan fitur pembaruan perangkat lunak OTA.

Platform eS HMG, akan dikembangkan sebagai 'skateboard' EV khusus untuk Purpose Built Vehicles (PBVs), dengan struktur yang sepenuhnya fleksibel untuk memenuhi permintaan B2B.

Dan memberikan solusi yang dibuat khusus untuk perusahaan yang beroperasi dalam pengiriman, logistik, dan sektor car hailing.

“Pada tahun 2025, Hyundai Motor Group akan menghadirkan kendaraan dengan dua jenis platform: eM, platform khusus EV berpenumpang; dan eS, platform eksklusif untuk Purpose Built Vehicles,” ujar Paul Choo, Executive Vice President of Head of Electronics & Infotainment Development Center Hyundai Motor Group, dalam siaran pers yang diterima Uzone.id 

“Platform baru ini dikembangkan di bawah 'Integrated Modular Architecture' dari Hyundai Motor Group, yang akan mengarah pada standarisasi lebih lanjut serta modularisasi komponen inti kendaraan listrik.

“Seperti baterai dan motor, di mana pada saat yang sama juga menawarkan keuntungan di sektor tambahan bagi kendaraan listrik." tambah Paul.

Integrated Modular Architecture dari HMG tersebut akan memfasilitasi standarisasi dan modularisasi komponen kunci EV. 

Dengan menstandarisasi baterai dan motor listrik, contohnya, yang saat ini bervariasi di setiap model EV,  HMG  akan secara fleksibel dapat menerapkan komponen umum untuk setiap kendaraan, sehingga memperluas lini kendaraannya secara lebih efisien.

HMG juga mengintegrasikan controller  kendaraannya. Sebelumnya, sistem perangkat lunak perlu diperbarui secara terpisah untuk setiap controller guna meningkatkan fungsi kendaraan. 

BACA JUGA: Daftar Merek Motor yang Siap Hadir di IMOS 2022

Namun, controller yang terintegrasi akan memberikan solusi untuk membuat proses ini lebih sistematis dan efisien. 

Dengan demikian, jumlah keseluruhan controller dapat dikurangi secara signifikan dengan mengintegrasikan komponen listrik tingkat bawah yang dikelola oleh controller tingkat atas.

Controller yang terintegrasi akan memungkinkan pengembangan yang efisien dari beragam segmen kendaraan dan model strategis yang dioptimalkan untuk setiap wilayah serta memudahkan proses penambahan fitur baru dan peningkatan kinerja. 

Siklus pembaruan perangkat lunak akan dipersingkat, sedangkan frekuensinya akan meningkat. Teknologi ini juga memungkinkan HMG untuk merespon secara fleksibel dan cepat dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan kondisi pasar yang cepat dan selalu berubah.

Kedua fitur Infotainment dan Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang telah diproduksi secara massal saat ini sedang dikembangkan secara fungsional dengan pengenalan teknologi terbaru controller yang terintegrasi. 

Pada tahun 2025, kenyamanan, dan controller kendaraan juga akan terintegrasi secara bertahap.

“Arsitektur elektronik dan kelistrikan dapat dianggap sebagai struktur yang terhubung secara organik yang meningkatkan fungsi komponen perangkat listrik mobil,” tutup Hyung Ki Ahn, Vice President of Electronics Development Group. 

VIDEO Test Drive KIA Carens 1.500cc:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini