icon-category Auto

Hyundai Ganti Gratis Baterai Ioniq 5 yang Drop, Kasus Selesai

  • 25 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Foto: Uzone.id - Bagja

Uzone.id - Kasus baterai mobil listrik Hyundai Ioniq 5 drop mendadak yang semoat ramai di bahas, kini sudah terselesaikan. Hyundai mengganti gratis dengan baterai baru.

Lalu, apa penyebab baterai Ioniq 5 bisa drop?

Hyundai Motors Indonesia (HMID) pun mengungkap permasalahan mobil listrik Ioniq 5 milik konsumen yang baterainya mengalami drop.

HMID menjelaskan satu modul pada baterai milik konsumen itu terdeteksi bermasalah karena memiliki tegangan berbeda.

BACA JUGA: Kenapa Shell Tidak Jual Bensin Murah Sekelas Pertalite?

Konsumen tersebut diketahui baru saja membeli Ioniq 5 varian long range yang memiliki baterai kapasitas 72,6 kW. Satu paket baterai ini dilengkapi 30 modul, yang per modulnya memiliki sekitar 80 sel baterai.

"Terkait pelanggan Ioniq 5 yang bermasalah dengan baterai, dari hasil pemeriksaan, ditemukan bahwa sistem proteksi dari Battery Management System (BMS) kendaraan mendeteksi salah satu modul baterai yang memiliki tegangan yang berbeda," kata HMID dalam keterangan tertulisnya, dikutip Uzone.id.

Sistem proteksi tersebut berfungsi untuk mencegah potensi gangguan pada modul baterai lain dengan menonaktifkan prosedur pengisian.

Hyundai mengklaim kasus ini telah selesai dengan penanganan penggantian baterai menyeluruh. Penggantian ini tidak dikenakan biaya tambahan sebab masih masuk dilindungi garansi.

"Baterai dari Ioniq 5-nya sudah diganti sebagai bagian dari garansi untuk unit pelanggan," kata HMID.

Lebih lanjut, HMID memaparkan fungsi dari BMS yang dikatakan dapat mendeteksi masalah atau gangguan pada baterai.

BACA JUGA: Wuling Mini EV Cabrio Dijual Rp180 Jutaan, Sudah Dipesan 150 Ribu Unit

"Perlu kami sampaikan juga, Battery Management System dari Ioniq 5 ini juga dirancang untuk dapat secara efektif dan efisien mendeteksi secara spesifik area-area tertentu dari baterai yang mengalami gangguan, sehingga tidak selalu harus mengganti keseluruhan unit baterai. Cukup hanya bagian tertentu yang sekiranya harus diganti setelah pemeriksaan lebih lanjut," ucap HMID.

Pengguna Ioniq 5 lain yang ingin mengecek unit dapat menghubungi call center Hyundai dan dealer terdekat. Dari sana bantuan maupun informasi lebih lanjut akan diberikan.

VIDEO Test Drive Chery Tiggo 8 Pro, SUV China Termahal:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini