home ×
Auto

Hyundai Produksi Mobil Listrik di Pabrik Cikarang Mulai 2022

23 November 2020 By
Hyundai Produksi Mobil Listrik di Pabrik Cikarang Mulai 2022
Share
Share
Share
Share

Ioniq Electric (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Uzone.id - Hyundai akan mulai produksi kendaraan listrik (EV) di Indonesia pada tahun 2022.

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) saat ini sedang membangun pabrik perakitan di Kota Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, seperti dikatakan Lee Kang Hyun, Wakil presiden Asia Pasifik dan COO.

"Dengan dukungan kementerian dan pemerintah lokal Jawa Barat, konstruksi pabrik sudah diselesaikan 65 persen meskipun pandemi Covid-19," ujar Lee Kang Hyun di acara KTT Investasi Jawa Barat 2020 di Bandung, pada pekan lalu.

BACA JUGA: Harga Honda N-ONE Ternyata Setara Toyota Veloz

Fasilitas HMMI di Cikarang itu akan jadi pusat manufaktur skala penuh pertama Hyundai di Asia Tenggara.

Lee mengatakan, pabrik akan beroperasi pada akhir 2021 dan mulai operasi dan produksi model mesin bakar. Sedangkan produksi EV akan dimulai pada tahun 2022.

Fasilitas HMMI akan memiliki kapasitas produksi awal 150 ribu unit per tahun. Namun bisa ditingkatkan jadi 250 ribu unit per tahun setelah rencana investasi diselesaikan.

Sebelumnya, Hyundai Indonesia punya rencana untuk ekspor sebanyak 53 persen, sebagian besar ke pasar ASEAN dan Australia, sedangkan sisa 47 persen untuk konsumsi domestik.

Hyundai pertama kali mengumumkan niat mendirikan pabrik pada Desember 2018 dengan investasi USD880 juta atau sekitar Rp12,45 triliun (kurs Rp14.56 per USD1). Jumlah itu kemudian meningkat jadi USD1,55 miliar atau sekitar Rp21,9 triliun pada tahun lalu.

Selain Indonesia, Hyundai sudah mulai membangun pusat inovasi di Singapura, yang berfungsi sebagai laboratorium inovasi terbuka untuk penelitian dan pengembangan mobilitas masa depan perusahaan serta pabrik manufaktur skala kecil untuk EV.

Hyundai juga memiliki Hyundai Motor Group Innovation Center (HMGICS) yang berlokasi di Jurong Innovation District (JID), akan beroperasi pada akhir 2022.

Fasilitas itu bisa merakit 30 ribu kendaraan per tahun pada 2025. Ioniq, sub-merek Hyundai dilaporkan akan dirakit di fasilitas tersebut, seperti dilansir Uzone.id dari Paultan.

 

VIDEO Jajal Layanan Service Motor Listrik GESITS, Sebagus Apa?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id