home ×
Auto

Hyundai Staria Diluncurkan, Pesawat Luar Angkasa untuk Jalan Raya

15 April 2021 By
Hyundai Staria Diluncurkan, Pesawat Luar Angkasa untuk Jalan Raya
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Hyundai Motor Company meluncurkan lini produk multi-purpose vehicle (MPV) terbaru, Staria, sebuah model masa depan dari Hyundai untuk Purpose Built Vehicle (PBV).

Staria merupakan respon dari Hyundai terhadap perubahan kebutuhan konsumen dengan menawarkan fitur-fitur inovatif, hadir dengan pilihan 2 hingga 11 konfigurasi kursi dan tersedia dalam dua varian: Staria dan Staria Premium.

“Kami sangat senang untuk memperkenalkan Staria, yang mewakili upaya terbaru kami untuk mempelopori evolusi mobilitas, dan memenuhi kebutuhan gaya hidup yang terus berkembang saat kita beradaptasi dengan cara hidup yang baru,” ujar Thomas Schemera, Executive Vice President dan Global Chief Marketing Officer.

Baca juga:Test Drive Hyundai Palisade, Mau Aspal Mau Tanah, Oke

Penataan Desain Exterior Futuristik
Menghadirkan bentuk seperti pesawat ruang angkasa, desain eksterior yang mulus terinspirasi dari kurva cahaya yang menerangi langit saat matahari terbit jika dilihat dari luar angkasa.

Bagian depannya dilengkapi dengan Daytime Running Lights (DRL) horizontal dan sebuah lampu pendukung yang memanjang di bagian depan kendaraan, serta gril radiator dengan kesan yang tebal dan lebar dengan pola yang unik.

Tipe Premium menampilkan aksen warna krom kuningan eksklusif yang diaplikasikan pada emblem, grille, bezel lampu depan, bemper depan dan belakang, roda, kaca spion samping, dan gagang pintu untuk menekankan tampilan premium dan modern dari kendaraan ini.

Posisi beltline yang lebih rendah dan jendela panoramic di bagian samping kendaraan meningkatkan visibilitas secara keseluruhan dan nuansa yang lebih terbuka.

Pendekatan desain yang luas dan terbuka ini terinspirasi oleh pendekatan arsitektur tradisional 'hanok' dari Korea - yang memungkinkan para penumpang untuk seolah-olah merasakan langsung pemandangan bagian luar sebagai bagian dari sisi interior kendaraan.

Selain itu, tema desain dari STARIA turut diaplikasikan ke bagian belakang, menghadirkan jendela yang lebar dikelilingi oleh lampu belakang vertikal yang memanjang, sedangkan tipe Staria Premium menggunakan desain lampu Parametric Pixel Hyundai yang unik.

Bemper bagian belakang didesain dengan posisi yang lebih rendah agar para penumpang dapat dengan mudah menaikkan dan menurunkan barang bawaan.

Transformasi Mobilitas untuk Waktu Berkualitas saat di Perjalanan Sisi interior menerapkan tata ruang sederhana untuk menonjolkan kenyamanan pengemudi dan penumpang, sekaligus tetap menerapkan fungsi utama sebuah MPV.

Interior terinspirasi dari kapal pesiar

Menghadirkan suasana terbuka dan unik melalui desain arsitektur yang inovatif. Posisi beltline yang lebih rendah dan jendela panoramic menciptakan ruang yang luas dan memberikan semangat bagi semua penumpang.

Kursi pengemudi dan penumpang di baris pertama dirancang untuk memberikan kesan luas dan nyaman. Tata ruang interior Staria yang sederhana dan fokus pada hal-hal penting untuk memberikan lebih banyak ruang dan fleksibilitas bagi para penumpang.

Kursi pengemudi memiliki tampilan futuristik dan berteknologi tinggi dengan dukungan layar depan 10,25 inci yang canggih, layar sentuh fascia bagian tengah, dan sebuah tuas pemindah gigi elektronik berbasis tombol.

Ruang penyimpanan tersedia di beberapa titik seperti bagian atas dari konsol overhead, bagian bawah cluster, serta bagian atas dan bawah fascia tengah. Baik para pengemudi maupun penumpang memiliki akses ke konsol tengah yang dilengkapi dengan cup holder, port USB, dan ruang penyimpanan tambahan.

Tipe Premium mobil 7-seater ini dilengkapi dengan Premium Relaxation Seats di baris kedua yang dapat disandarkan secara elektronik dan juga dapat digeser agar mudah dijangkau atau untuk memaksimalkan ruang penyimpanan barang.

Mode relaksasi dengan satu sentuhan membuat kursi dapat bersandar secara otomatis ke posisi yang nyaman serta membagi berat penumpang dan meningkatkan keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

Kursi perorangan pada tipe Premium 9-seater, di baris kedua dapat berputar 180 derajat untuk berhadapan dengan penumpang pada baris ketiga.

“Staria tidak hanya mendefinisikan ulang arti keluasan, namun juga menata ulang waktu yang dihabiskan dalam perjalanan untuk masa depan. Merancang sebuah mobilitas bukan hanya tentang desain kendaraan, melainkan merancang untuk mengakomodasi berbagai gaya hidup," ujar SangYup Lee, Senior Vice President dan Head of Global Hyundai Design.

Memaksimalkan Platform dan Performa
Pemanfaatan ruang interior inovatif Staria dimungkinkan oleh wheelbase MPV 3.273 mm dengan panjang keseluruhan 5.253 mm dan lebar 1.997 mm. Tinggi keseluruhan 1.990 mm dioptimalkan bagi para penumpang untuk masuk dan keluar kendaraan dengan nyaman.

Ketersediaan ruang penyimpanan barang bervariasi tergantung pada konfigurasi dan pengaturan tempat duduk. Kendaraan dengan tipe 2-seater dan 3-seater, dioptimalkan untuk penggunaan dan keperluan bisnis, dimana menawarkan ruang kargo yang maksimum dan hampir setara dengan 5.000 liter.

Sementara soal mesin, Staria menawarkan beberapa opsi powertrain dari mesin diesel VGT 2.2 liter dan mesin bensin MPI 3.5 liter Smartstream G6DIII.

Mesin diesel yang diperbarui dan digabungkan dengan transmisi manual enam-percepatan atau transmisi otomatis delapan-percepatan, menghasilkan output tenaga dengan estimasi sebesar 177 PS dan torsi 44 kgf-m.

Memiliki air-cooled turbocharger dengan efisiensi yang tinggi juga didukung oleh kompresor dan performa turbine wheel yang ditingkatkan untuk performa torsi kecepatan rendah yang lebih baik.

Mesin bensin G6DIII 3,5-L MPI dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan-percepatan, sehingga menghasilkan estimasi output tenaga sebesar 272 PS dan torsi 33,8 kgf-m.

Sistem manajemen termal yang terintegrasi memberikan peningkatan efisiensi bahan bakar dengan mengoptimalkan kontrol suhu cairan pendingin sesuai dengan kondisi pengoperasian kendaraan. Lengan roller swing yang terintegrasi dapat membantu peningkatan efisiensi bahan bakar lebih jauh dengan mengurangi gesekan.

Hyundai Motor mengoptimalkan setiap opsi powertrain agar dapat megurangi kebisingan, getaran yang rendah, dan NVH yang juga rendah, serta sensasi perpindahan gigi yang lebih baik untuk performa torsi tinggi dan akselerasi yang semakin ditingkatkan.

Hal ini juga mengoptimalkan direct valve control body untuk peningkatan efisiensi hidrolik, oil pump untuk efisiensi bahan bakar, dan multi-plate torque converter untuk kontrol dan efisiensi bahan bakar.

Peningkatan dari sisi mekanis turut memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik; hal tersebut dicapai berkat penerapan suspensi multi-link di poros bagian belakang.

Sudut kemiringan tegak lurus dan level rasio tuas peredam guncangan dari Staria juga berkontribusi pada peningkatan kenyamanan berkendara. Demikian pula pada peningkatan di brake calipers dan disc memberikan tenaga pengereman yang stabil meskipun dengan ukuran Staria yang besar.

VIDEO Test Drive Hyundai Palisade:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article