icon-category Digilife

Ide buat Streaming, Daftar Film dan Serial tentang Ratu Elizabeth II

  • 20 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: The Crown/Netflix

    Uzone.id – Jenazah Ratu Elizabeth II sudah dimakamkan pada Senin (19/9), dari Westminster Hall menuju Westminster Abbey, Inggris. Prosesi panjang ini menarik mata dunia dan membuat masyarakat ingin menyaksikan ulang perjalanan hidup Sang Ratu.

    Ratu yang memiliki nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary Windsor ini wafat di usianya yang menginjak ke-96 tahun.

    Kepergiannya sontak membuat berbagai pesohor dan masyarakat di seluruh dunia turut mengucapkan bela sungkawanya lewat media sosial.

    Pasalnya, sepanjang masa kepemimpinan sang ratu selama kurang lebih 70 tahun ini, sudah banyak kenangan yang dicetak, salah satunya melalui karya film dan serial.

    Baca juga: Smartphone Milik Ratu Elizabeth II Bikin Hacker Langsung K.O.

    Film menjadi salah satu medium seni yang dimanfaatkan untuk menggambarkan kehidupan Ratu Elizabeth II dan anggota keluarga kerajaan alias The Royal Family.

    Berikut deretan film dan serial yang menceritakan kehidupan tentang Ratu Elizabeth II yang dapat menjadi ide untuk tayangan streaming di waktu luang.

    The Queen (2006)

    Digarap Stephen Frears, film ini fokus pada suasana setelah Putri Diana meninggal dunia di tahun 1997. Karakter Ratu Elizabeth II diperankan oleh aktris senior Helen Mirren, sementara cerita di film ini begitu menunjukkan kebimbangan dari pihak keluarga kerajaan terhadap kematian Diana.

    Ratu Elizabeth II kala itu masih meyakini bahwa kepergian Diana tidak akan diperlakukan sebagai bagian dari kerajaan. Hal ini pun menimbulkan reaksi dari warga Inggris hingga Perdana Menteri Tony Blair.

    The Crown (2016-sekarang)

    Serial garapan Netflix ini mengisahkan tentang perjalanan hidup Ratu Elizabeth II mulai dari pernikahannya di tahun 1947 hingga saat ini. Serial ini terdiri dari enam musim yang mulai dirilis pertama kali pada 4 November 2016.

    Di musim pertama dan kedua ‘The Crown’, Ratu Elizabeth II diperankan oleh Claire Floy yang menggambarkan soal kisah hidup masa muda ratu hingga periode pernikahannya dengan Pangeran Philip di tahun 1947.

    Baca juga: Netflix vs. Disney+, Ini Kata 13 Orang soal Platform Streaming

    Sementara di musim ketiga dan keempat, pemeran Ratu Elizabeth II digantikan oleh Olivia Colman dan mengambil latar belakang tahun 1964 hingga 1977. Dalam musim ini menceritakan soal dua periode Harold Wilson yang saat itu menjabat sebagai perdana menteri, dan memperkenalkan Camilla Shand.

    Musim keempat alur cerita ‘The Crown’ berfokus pada pernikahan Pangeran Charles dengan Lady Diana Spencer dan masa jabatan Margaret Thatcher sebagai perdana menteri kala itu.

    Sementara musim kelima dan keenam yang sekaligus menjadi penutup seri musim ini, akan menceritakan soal masa pemerintahan ratu di abad ke-21.

    Elizabeth: A Portrait in A Part(s) (2022)

    Termasuk sebagai film dokumenter sang ratu, film ini menceritakan soal kehidupan Ratu Elizabeth II, seorang pemimpin kerajaan Inggris dengan masa pemerintahan terlama sekaligus kepala negara wanita terlama yang dicatat dalam sejarah.

    Queen Elizabeth II: The Diamond Celebration (2012)

    Film ini dibuat sebagai bentuk peringatan Yubileum Berlian yang dirayakan pada tahun 2012. Film ini termasuk sebagai film biografi dan dokumenter sang ratu yang menampilkan sederet tayangan eksklusif saat Ratu Elizabeth semasa mudanya.

    The Queen: Unseen (2022)

    Turut menjadi salah satu film dokumenter milik sang Ratu, film ‘The Queen: Unseen’ ini dibuat sebagai tanda memperingati jabatan Ratu Elizabeth II yang sudah menjadi 70 tahun.

    Dalam film ini akan ditampilkan sederet tayangan dan foto eksklusif sang ratu saat masih kecil. Ditampilkan juga momen ketika sang ratu baru menjadi ibu muda.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini