icon-category Gadget

Ide Cemerlang Mengubah Smartphone Lama Menjadi Alat Baru

  • 29 Jun 2021 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Berganti smartphone ketika sudah usang atau ketinggalan zaman merupakan hal yang cukup lumrah dilakukan, apalagi saat ini perkembangan smartphone semakin cepat dan canggih.

    Ketika berganti smartphone, ponsel yang lama mungkin akan dijual atau disimpan di gudang hingga berdebu. Namun, sekarang ada beberapa ide untuk menyelamatkan ponsel lama tersebut dan menjadikannya sebagai perangkat lain yang berguna.

    Siapa sangka smartphone lama kini bisa digunakan untuk menggantikan gadget lain yang seharusnya menghabiskan uang. Berikut beberapa ide yang bisa digunakan untuk mengubah smartphone lama menjadi perangkat dengan fungsi lain.

    Baca juga: Qualcomm Umumkan Snapdragon 888 Plus di MWC 2021

    Kamera Dashboard
    Ada banyak alasan untuk memasang dan menggunakan kamera dashboard mobil. Rekaman dashcam bisa digunakan jika pengemudi mengalami insiden lalu lintas, di beberapa negara rekaman ini bisa mempercepat proses klaim asuransi, lho.

    Kadang orang-orang enggan memasangnya karena harus mengeluarkan biaya lebih. Tapi, jika tak ingin membeli perangkat baru, kalian bisa mengubah ponsel lama kalian menjadi kamera dashboard full time.

    Caranya? Kini Google Play Store memiliki banyak sekali pilihan aplikasi dashcam, contohnya BlackBox AutoBoy. Fitur aplikasi dashcam pun cukup lengkap, mulai dari opsi resolusi video, bingkai, dan kualitas audio.

    Jika penyimpanan ponsel lama tidak cukup, pengguna mendapat opsi menyimpan video rekaman ke kartu SD, bahkan beberapa aplikasi menyediakan fitur untuk mengunggah langsung rekaman ke YouTube pengguna.

    Layar Extended
    Beberapa bulan lalu, Apple meluncurkan fitur yang bisa mengubah iPad menjadi layar kedua perangkat MacBook. Nah, kalian pun bisa menggunakan smartphone Android lama kalian menjadi layar tambahan menggunakan perangkat lunak gratis seperti Spacedesk.

    Software ini harus terinstall di dua perangkat kalian, kedua perangkat ini juga harus terhubung ke router Wi-Fi yang sama untuk menjalankannya. Jika tak ada dukungan Wi-Fi, aplikasi ini juga menyediakan opsi menghubungkan lewat USB.

    Kamera Pengaman
    Banyak orang sangat bergantung terhadap kamera pengaman untuk memantau dan memastikan keamanan di sekitar rumah atau bangunan. Seperti perangkat lain, memasang CCTV juga memerlukan biaya yang cukup menguras dompet.

    Alternatif yang bisa digunakan untuk membuat kamera pengaman adalah dengan smartphone serta kabel pengisi daya, kalian bisa menggunakan smartphone lama kalian sebagai ganti CCTV. Salah satu aplikasi yang bisa dipakai untuk mendukung kinerja ini adalah Alfred

    DIY CCTV.
    Dengan menggunakan aplikasi tambahan khusus, kalian bisa menetapkan perangkat smartphone lama sebagai kamera yang terhubung pada smartphone saat ini untuk memantau keadaan.

    Fitur yang disediakan aplikasi-aplikasi CCTV pun cukup lengkap mulai dari aliran SD, mode malam, deteksi gerakan dan kemampuan membunyikan sirine.

    Jam Malam Digital
    Ide sederhana untuk menggunakan ulang smartphone lama adalah menjadikannya sebagai jam malam digital.

    Caranya, cukup dengan mendownload aplikasi jam malam lalu letakkan di meja samping tempat tidur. Berbagai aplikasi jam dengan berbagai keunikan juga tersedia di App Store maupun Play Store.

    Kalian bisa memilih style yang cocok digunakan pada night clock digital kalian seperti gaya retro ataupun modern.

    Itulah beberapa penggunaan menarik yang bisa diterapkan pada ponsel lama kalian alih-alih membuatnya terbengkalai tak terpakai.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini