icon-category Auto

IIMS 2024: First Drive Hyundai Creta Alpha, Lebih Gaya Tapi Rasa Sama

  • 21 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Hyundai menghadirkan varian baru dari SUV ringkas andalannya, Creta Alpha. Harapan kami adalah sebuah Creta Facelift, tapi versi Alpha yang satu ini juga lumayan, setidaknya dari sisi tampilan.

Hyundai Creta Alpha, yang menawarkan pilihan warna matte dengan pilihan tiga warna bodi, yaitu Optic White MatteMagnetic Silver Matte, dan Midnight Black Matte yang membuatnya tampil makin gagah dan elegan.

Setiap pilihan warna punya tampilan luar kendaraan yang seragam, jadi seluruh elemen eksterior mulai dari atap, roof rail, door handle, skid plate, c-pillar garnish, hingga body kit bagian depan, samping, dan belakang, mengusung konsep monokrom.

Selain itu, kesan gagah dan sporty dari Creta Alpha juga sangat terasa di bagian interior, salah satunya berkat Headlining kendaraan yang menggunakan warna hitam.

alt-img

Creta Alpha hadir dengan Seat Stitch and Pipping, Door Trim Stitch, Shift Knob Stitch, dan Steering Stitch berwarna merah yang stand out dan memberikan kesan dinamis.

Menariknya, Creta Alpha juga dilengkapi dengan aksen-aksen khusus yang tak bisa ditemui di model-model Hyundai Creta sebelumnya seperti Door Spot Lamp with CRETA Alpha Logo yang unik, emblem baru pada bagian floor mat, dan front seat dengan embroidery spesial yang membuat tampilan interior semakin bold.

Ciri khas dari Hyundai Creta tetap menonjol melalui Black Front Grille yang dilengkapi lampu Parametric Jewel Hidden-Type DRL, Black Front Grille Garnish, dan Dark Monochrome Front H-emblem.

alt-img

Secara tampilan memang jadi jauh lebih keren deh, meski begitu rasa berkendaranya tetap sama seperti model standar, karena memang secara spesifikasi teknis tidak ada perubahan sama sekali.

Kami suka handlingnya yang gesit dan presisi sebagai sebuah SUV. Kami juga suka dengan bantingan suspensinya yang cukup pas meladeni berbagai kondisi jalan.

Asiknya, dengan  kapasitas 1.497 cc, tenaga tertinggi yang bisa dihasilkannya berada di angka 113,4 hp @ 6.300 rpm dengan torsi puncak 144,1 Nm @ 4.500 rpm, disalurkan transmisi otomatis yang Hyundai sebut Intelligent Variable Transmission (IVT).

alt-img

Diketahui bahwa konstruksi transmisi semacam ini juga menggunakan sepasang puli seperti halnya pada transmisi CVT. Akan tetapi transmisi IVT tidak menggunakan sabuk baja melainkan chain belt alias rantai.

Tidak ada masalah soal akselarasi dan asupa tenaga yang disodorkan mesin tersebut. Secara keseluruhan, mobil ini tetap masuk kategori fun to drive menurut kami dan kini, ditunjang dengan tampilan yang lebih gaya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini