icon-category Digilife

iKonser Gebrak Awal Tahun 2022 dengan Program 'Musik Tanpa Batas'

  • 05 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Nicolas LB/Unsplash

    Uzone.id - Kehadiran platform-platform digital saat ini memberikan keuntungan sendiri bagi berbagai elemen masyarakat.

    Termasuk bagi para musisi yang kini mendapat akses lebih mudah untuk memasarkan karya mereka secara lebih luas lewat platform musik digital, terlebih kaum milenial yang tak pernah lepas dari dunia digital.

    Sebagai salah satu platform digital yang menghadirkan pengalaman menonton konser musik secara live, iKonser menghadirkan program terbaru mereka yaitu Musik Tanpa Batas di awal tahun 2022 ini.

    Ajang pencarian bakat ini terselenggara atas kerjasama iKonser, Metranet, dan Telkom Regional 4 yang meliputi wilayah Jawa Tengah dan DIY. Ketiga pihak ini bertekad untuk terlibat secara langsung dalam perkembangan musik tanah air.

    03Foto: Press Conference Musik Tanpa Batas, 5 Januari 2022 (Dok. Uzone.id)

    Setelah sukses dengan pagelaran ‘Borneo Goes To Prambanan Jazz Festival 2021’ pada November tahun lalu, kini iKonser kembali menjadi wadah dan penghubung bagi para musisi-musisi baru agar dapat menunjukkan karya mereka ke khalayak yang lebih luas.

    Program Musik Tanpa Batas merupakan program pencarian bakat baru di dunia musik yang juga meliputi pendokumentasian skena musik di dalamnya dengan pendekatan dokumenter di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Jadi, tak hanya hadir untuk musisi-musisi daerah saja, lewat program ‘Rekam Skena’, rangkaian ajang Musik Tanpa Batas juga hadir bagi para scenester yang memiliki minat untuk membuat dokumenter musik di kotanya sendiri.

    Baca juga: Musisi Daerah di Indonesia Kini Jadi Buruan iKonser

    Didik B Santoso selaku CEO Metranet mengatakan, “Mudah-mudahan adanya kolaborasi ini menjadi sebuah manfaat untuk teman-teman industri musik.”

    “Semoga lewat ajang ‘Musik Tanpa Batas; Ajang Pencarian Musisi Baru dan Rekam Skena di Jateng dan DIY’ ini, ekosistem musik lokal akan semakin bergairah dengan munculnya talenta-talenta baru dan terciptanya arsip skena musik yang merata,” ungkap CEO iKonser Channel, Ahmad Sobirin.

    Bagi yang berminat untuk mengikuti rangkaian program ini, berikut tahapan aktivasi pencarian bakat musisi baru tersebut.

    Pertama, band/musisi melakukan registrasi melalui website www.ikonser.id dengan mengumpulkan data administrasi beserta 2 karya video live session dan 1 video greeting dan juga profil band/musisi pendaftar.

    Kedua, peserta video seleksi akan diunggah ke channel YouTube resmi iKonser secara bertahap. Kemudian, peserta akan kembali diseleksi untuk mencari 20 band/musisi untuk lolos ke tahap selanjutnya. Penilaian di tahap ini berdasarkan viewers YouTube dan penilaian juri yang qualified di bidang musik.

    Ketiga, 20 band/musisi terpilih kemudian akan ditayangkan di iKonser channel useeTV Ch. 459 SD/959 HD dengan jadwal tayang yang telah ditentukan. 

    Selanjutnya, dari tayangan ini, peserta akan diseleksi menjadi 10 besar yang akan ikut pada babak grand final. Penilaian pada tahap ini berdasarkan viewers tertinggi di channel iKonser dan voting tertinggi pada aplikasi iKonser.

    Keempat, 10 band/musisi yang lolos ke Grand Final akan tampil secara offline untuk menentukan 4 juara. Penentuan ini ditentukan langsung oleh juri yang qualified di bidang musik.

    Kelima, pemenang akan mendapat sejumlah uang tunai dan berkesempatan menjadi salah satu guest star di acara Jogjarockarta 2022 atau Prambanan Jazz 2022. Keempat juara juga akan tampil pada iKonser Fest 2022 yang rencananya digelar pada 26 Maret 2022 mendatang secara offline.

    BACA JUGA: CX Summit 2021, Telkom Pacu Customer Experience Digital untuk Pelaku Usaha

    Bagi yang ingin mengikuti pendomuntasian musik lewat program Rekam Skena, berikut tahapannya.

    Dokumenter “Rekam Skena” akan berdurasi 15 hingga 20 menit.

    Pertama, kumpulkan data administrasi, 1 ide dan konsep dalam format teks (PDF) ke email registrasiikonser@gmail.com.

    Selanjutnya, peserta yang lolos seleksi administrasi akan mempresentasikan ide dan konsepnya, lalu akan diseleksi oleh juri.

    Ketiga, akan dilakukan pendampingan proses produksi oleh tim fasilitator sampai ada hasil video teaser yang akan diunggah di kanal YouTube iKonser.

    Keempat, peserta akan diberikan sesi screening dan diskusi offline bersama para juri dan fasilitator.

    Terakhir, 3 pemenang akan menerima hadiah penghargaan dan karyanya akan ditayangkan online pada program iKonser dan offline pada saat pelaksanaan iKonser Fest.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini