Digilife

Ikuti Jejak Ghozali Everyday, Begini Cara Jual NFT di OpenSea

  • 13 January 2022
  • Bagikan :
    Ikuti Jejak Ghozali Everyday, Begini Cara Jual NFT di OpenSea Ilustrasi foto: Unsplash

    Uzone.id - Awal tahun 2022 diramaikan oleh viral-nya seorang pemuda bernama Ghozali yang meraup milyaran rupiah hanya dengan menjual koleksi foto selfie-nya dalam bentuk NFT.

    Tren NFT atau Non-Fungible Token memang semakin populer akhir-akhir ini, banyak orang menjual karya digital mereka dalam bentuk NFT dari jutaan hingga milyaran Rupiah.

    Karena sifatnya yang unik, tren NFT ini kemudian menjadi hobi baru bagi orang-orang yang ingin mengumpulkan barang unik dalam bentuk digital. 

    Kembali ke Ghozali, pria asal Solo ini menjual koleksi foto selfienya yang dikumpulkan dari umur 18 hingga 22 tahun dalam bentuk NFT di sebuah situs marketplace NFT ternama,OpenSea.

    Baca juga: Kantongi Rp12 Miliar Modal Selfie, Ghozali Menang Banyak Berkat NFT

    Dari hasil jualan foto selfie-nya ini, Ghozali menghasilkan untung sekitar Rp12,5 milyar lebih.

    Nah, buat kalian yang tertarik mengikuti jejak Ghozali untuk menjual gambar, video, audio atau barang digital lainnya, kalian bisa mengikuti cara di bawah ini.

    Pertama, siapkan dulu dompet digital kalian untuk menyiapkan NFT dan uang kripto. Salah satu yang direkomendasikan adalah MetaMask beserta ekstensi dompetnya di Google Chrome dan FireFox.

    Selanjutnya, buka website OpenSea. Web ini adalah marketplace yang digunakan untuk aset digital NFT.

    Kemudian, klik Sign In untuk membuat dan menyiapkan akun pribadi kalian.

    Setelah akun siap, kalian bisa bersiap untuk membuat karya NFT kalian sendiri. Caranya, klik Create di kanan atas layar, lalu pilih My Collections. Setelah itu, kalian akan mendapat arahan untuk menghubungkan OpenSea kalian dengan dompet digital yang telah disiapkan sebelumnya.

    Baca juga: Thanks Ghozali, Akhirnya Foto Selfie Bisa Jadi Ladang Cuan

    Kemudian, lakukan setting di halaman My Collections untuk menjajakan item-item yang ingin kalian jual. Buat new collection atau koleksi baru dengan cara ‘create’ dan masukkan detail untuk koleksi kalian.

    Setelah men-setup ‘toko’ alias My Collection selesai, kalian tinggal tambahkan barang yang ingin dijajakan. 

    Caranya, klik Add New Item dan kalian akan diminta untuk mengunggah metadata yang ingin kalian jual baik itu metadata gambar, video, atau file audio.

    Kemudian, berikan nama untuk NFT kalian. Terakhir, klik ‘Create’ dan Tada! Karya digital dalam bentuk NFT milik kalian sudah siap untuk dijual.

    Jika beruntung, kalian juga bisa loh meraup untung hingga milyaran Rupiah seperti Ghozali, asalkan karya yang kalian jajakan unik dan menarik perhatian para kolektor NFT. Selamat mencoba!

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini