home ×
Digilife

Ikuti Jejak iPhone, Pengguna Android Bakal Bisa Buka WhatsApp Pakai Face ID

27 October 2020 By
Ikuti Jejak iPhone, Pengguna Android Bakal Bisa Buka WhatsApp Pakai Face ID
Share
Share
Share
Share

(Foto: Mika Baumeister / Unsplash)

Uzone.id -- Selama ini pengamanan WhatsApp dengan biometrik wajah baru tersedia untuk perangkat iPhone. Namun, tampaknya sebentar lagi pengguna ponsel Android juga dapat menikmati fitur keamanan Face ID juga.

Bocoran terbaru dari WABetaInfo, diketahui tim WhatsApp sedang menguji coba fitur pengenalan wajah alias Face Recognition atau Face ID pada ponsel Android.

Bocoran ini menunjukan laman Privacy di dalam menu Settings pada WhatsApp untuk perangkat Android. Ke depannya, Settings ini akan menggantikan pengaturan kunci sidik jari (fingerprint lock) dengan menu Biometric Lock.

Baca juga: Akhirnya, Grup di WhatsApp Bisa Di-mute Selamanya

Saat diaktifkan, Anda akan membutuhkan sidik jari, wajah, atau identifikasi unik lain untuk membuka WhatsApp. Anda tetap dapat menjawab panggilan telepon jika WhatsApp masih terkunci,” tulis penjelasan di laman Biometric Lock tersebut.

Sama seperti pengaturan sidik jari, Biometric Lock ini menyuguhkan tiga opsi kunci otomatis, apakah ingin selalu terkunci secepat mungkin ketika pengguna menutup WhatsApp, opsi 1 menit, atau setelah 30 menit.

(Foto: dok. WABetaInfo)

Sampai saat ini memang belum ada kepastian kapan kira-kira fitur ini akan dirilis untuk ponsel Android. Yang jelas, fitur Face ID untuk Android ini disambut dengan baik oleh pakar keamanan siber.

“Lapisan keamanan tambahan apapun akan menambah proteksi ke akun, khususnya biometrik, dapat semakin mengamankan pelaku peretasan untuk membobol lokasi pribadi dari ponsel. Saya sarankan orang-orang tidak menggunakan passcode standar, dan selalu pastikan ponsel terkunci setelah digunakan,” tutur Spesialis Cybersecurity Jake Moore dari ESET.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article