Digilife

Ikuti Jejak Zoom, Google Meet Tambah Fitur Terjemahan Langsung

  • 28 September 2021
  • Bagikan :

    Ilustrasi Foto: Compare/Unsplash

    Uzone.id - Google Meet kembali menambahkan fitur yang akan membuat para penggunanya lebih mudah dalam memahami pembicaraan pengguna lain.

    Fitur beta terbaru dari aplikasi saingan Zoom ini dapat membantu konferensi video yang diikuti para klien, pelajar dan karyawan asing berjalan lebih lancar.

    Menurut kabar dari Engadget, Google Meet telah memulai uji coba teks terjemahan langsung sebagai bentuk peningkatan dari fitur caption langsung Google Meet yang lebih dulu dirilis.

    Untuk saat ini, fitur terjemahan langsung tersebut hadir untuk meeting yang diselenggarakan pengguna Google Workspace Business Plus, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Plus, dan Teaching & Learning Upgrade.

    Baca juga: Zoom Tambah Fitur Terjemahan Langsung

    “Teks terjemahan ini dapat membantu panggilan video Google Meet menjadi lebih global, inklusif, dan efektif dengan menghilangkan kemampuan bahasa sebagai penghalang kolaborasi,” tulis Google dalam pengumumannya, Selasa, (28/09/2021).

    “Dengan membantu pengguna mengkonsumsi konten dalam bahasa pilihan mereka, pengguna bisa berbagi informasi, pembelajaran, dan kolaborasi serta memastikan meeting berjalan seefektif mungkin,” tambahnya.

    Agar fitur ini bisa dipakai, admin haris mengajukan permohonan akses terlebih dahulu. Untuk mengaktifkannya, pengguna harus mengaktifkan Teks di Settings dan mengaturnya ke Bahasa Inggris. Setelah itu, pengguna bisa memilih salah satu opsi bahasa yang disediakan untuk diterjemahkan.

    Baca juga: Wow! TikTok Kini Tembus 1 Miliar Pengguna Aktif Bulanan

    Karena masih awal diluncurkan, fitur ini baru mendukung meeting yang dilakukan dengan Bahasa Inggris saja dan dapat diterjemahkan ke bahasa Spanyol, Prancis, Portugis dan Jerman.

    Hingga sekarang, pihak Google belum mengatakan kapan fitur ini bisa dipakai oleh pengguna secara lebih luas.