icon-category Digilife

Ilmuwan Ini Ciptakan Kloset yang Bisa Ubah Tinja menjadi Energi Listrik

  • 16 Jul 2021 WIB
  • Bagikan :

    Ilmuwan dan mahasiswa di Korea Selatan (Foto: Ubergizmo)


    Uzone.id - Saat kita buang air besar dan menyiram, kotoran itu hanyalah menjadi sampah. Tapi di Korea Selatan, sejumlah ilmuwan mengubahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat.

    Jadi saat kita buang air besar, bukan hanya sekedar dianggap sampah, tapi bisa dimanfaatkan untuk hal lain, seperti mungkin mengubah sampah kita menjadi energi listrik.

    Baca juga: Ilmuwan Temukan Selendang yang Bisa Bicara


    Itu adalah sesuatu yang telah dilakukan oleh para peneliti di Institut Sains dan Teknologi Nasional Ulsan di Korea Selatan, di mana mereka telah menciptakan toilet yang dijuluki BeeVi yang dapat mengambil kotoran dan mengubahnya menjadi listrik.

    
Seperti dikutip Uzone.id dari Ubergizmo, Jumat (16/7), hal ini dilakukan dengan mengirimkan limbah ke tangki penyimpanan di mana mikroorganisme memecah kotoran untuk mengisolasi gas metana.

    Menurut perhitungan mereka, kotoran rata-rata orang setiap hari dapat diubah menjadi 50 liter gas, yang kemudian dapat menghasilkan sekitar 0,5 kWh listrik, cukup untuk menggerakkan mobil sejauh 1,2 km.

     Ini jelas tidak banyak, tapi itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Jika ada, setidaknya dapat membantu untuk mengimbangi sebagian dari konsumsi energi harian kita dengan melakukan sesuatu yang biasanya kita lakukan.

    Selain itu, siswa didorong untuk menggunakan toilet khusus ini dan akan diberikan mata uang digital yang disebut Ggool setiap kali mereka menggunakannya, yang kemudian dapat mereka gunakan untuk membeli barang-barang seperti kopi atau mie instan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini