icon-category Lifestyle

Tak Ingin Menangis Saat Kupas Bawang Merah, Ambil Sunion Saja!

  • 21 Dec 2017 WIB
Bagikan :

Menangis sambil memotong bawang menjadi salah satu hal yang paling menyebalkan tentang memasak. Tentu, ada trik untuk mencoba dan mengurangi efeknya, seperti membekukan bawang atau memakai kaca mata hitam.

Kini para ilmuwan telah menemukan sebuah solusi mengupas bawang tanpa menangis. Bawang yang tanpa air mata dijuluki Sunion, manis dan renyah, dan tidak seperti bawang biasa, tidak akan membuat Anda menangis.

Bawang yang satu ini tidak dimodifikasi secara genetik. Sunion diciptakan melalui pembiakan silang alami dalam program yang memakan waktu lebih dari 30 tahun, di mana petani mulai mengerjakannya pada tahun 1980-an.

Cara kerjanya, bila Anda memotong bawang biasa, senyawa volatil yang disebut lachrymatory-factor synthase dilepaskan, dan saat menyentuh mata Anda, tubuh Anda menghasilkan air mata untuk mengurangi iritasi.

Dalam bawang standar, jumlah senyawa ini biasanya tetap sama atau meningkat dari waktu ke waktu. Tapi di Sunion, hal sebaliknya yang terjadi, jumlahnya justru menurun. Hasilnya adalah, bawang manis dan ringan yang tidak melepaskan gas saat dipotong. Karena itu, tidak ada air mata.

Saat ini, Sunion hanya tumbuh di Nevada dan Washington. Bawang ini dipanen pada akhir musim panas dan awal musim gugur, dan akan dijual untuk pertama kalinya pada akhir Desember sampai Maret atau April. Belum diputuskan di mana bawang yang satu ini akan dijual, tapi Anda bisa menemukannya di seluruh negeri.

"Petani Sunion saat ini bekerja sangat tekun dengan toko dan supermarket di seluruh negeri untuk menemukan lokasi terbaik untuk menawarkan produk inovatif ini," kata juru bicara petani tersebut.

Dalam penampakannya, Sunion terlihat sangat mirip dengan bawang biasa. Namun, lebih kecil. Jika disimpan di tempat yang sejuk dan gelap, bawang jenis ini juga bisa tetap segar sampai enam bulan.

Dalam uji coba bawang bombai, orang-orang mencincang sambil memotong bawang merah dibandingkan dengan varietas bawang merah.

Setelah memotong Sunion, mereka lebih suka dengan bawang merah tanpa air mata, dan secara signifikan tidak terlalu terganggu dibandingkan dengan bawang biasa. (Delish)

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini