Digilife

Ilustrator Wayang di Sepatu Adidas Pun Kena Serang Netizen RI

  • 16 November 2021
  • Bagikan :
    Ilustrator Wayang di Sepatu Adidas Pun Kena Serang Netizen RI

    (Foto: Instagram @adidassg)

    Uzone.id - Adidas Singapura telah menyampaikan permohonan maaf secara resmi kepada netizen Indonesia karena telah menyebut wayang berasal dari Malaysia ketika mempromosikan produk sepatu Adidas terbaru, dengan bergambar wayang lewat cuplikan video iklan yang diposting di Instagram @adidassg.

    Dalam cuplikan video juga memperlihatkan dengan jelas nama seniman yang menggambar wayang di lini terbaru Adidas adalah Jaemy Choong berkewarganegaraan Malaysia.

    Kontan saja Jaemy Choong pun ikut diserang netizen Indonesia karena dianggap terlibat dalam kesalahan ketika Adidas Singapura salah menyebut wayang berasal dari Malaysia.

    BACA JUGA: Sebut Wayang Asal Malaysia, Adidas Singapura Resmi Minta Maaf ke Netizen RI

    Caption

    BACA JUGA: Kain Sutra Ini Bikin Kulit Lebih Dingin 12,5 Derajat Celcius

    "Wayang from Indonesia!" tulis salah satu netizen.

    "Plagiarism," tulis netizen lainnya.

    "Wayang is Indonesian culture," sambung netizen.

     Lalu, siapa sih Jaemy Choong yang bikin netizen Indonesia kesal ini?

    Melihat profil Jaemy Choong di Linkedin, dia mengungkapkan bahwa dirinya mendesain gambar-gambar grafis di komputer dan juga mengerjakan kartu pos untuk poster film di media sosial.

    "Saya juga seorang seniman yang bereksperimen dengan kombinasi visual mashup yang lucu," tulis Jaemy Choong.

    Jaemy Choong juga mengaku karya seninya sangat dipengaruhi oleh humor budaya pop dan sarkasme sebagai sarana untuk mengalihkan rasa tidak amannya sendiri.

    Menulis pengalaman sejak Januari 2018 sampai sekarang, Jaemy Choong mengatakan dirinya mengerjakan proyek-proyek secara mandiri. 

    "Saat ini membiarkan diri saya mengerjakan proyek yang menggelitik kesukaan saya sambil membiarkan diri saya memiliki waktu untuk hidup seperti yang saya inginkan - dengan tanaman saya, kucing saya, dan kecenderungan couchpotatoe saya," kata dia.

    Kemudian, Jaemy Choong menulis pengalaman selama 10 tahun sebagai desainer ahli yang mencakup desain branding, desain grafis, logo, kaligrafi, ilustrasi, pengeditan video dan hal-hal aneh lainnya.

    Selain Adidas, Jaemy Choong juga bekerja sama dengan Camp 5, 8TV, Heineken dan Alliance Bank.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini