icon-category Digilife

Imbas Pelanggan Anjlok, Netflix Batalin Produksi Film dan Serial Baru

  • 24 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Mollie Sivaram/Unsplash

    Uzone.id - Netflix harus menelan pil pahit di paruh awal tahun 2022 ini, pasalnya platform streaming film ini kehilangan 200 ribu lebih penggunanya.

    Padahal, Netflix sebelumnya sudah pede bahwa mereka bakal menggaet sekitar 2,5 juta pengguna berbayar di Q1 ini, eh malah jadi kebalikannya. Netflix harus rela kehilangan 200 ribu user di Q1 ini.

    Dikutip dari Techradar, Netflix kemudian memperkirakan akan kehilangan sekitar 2 juta pelanggan berbayar sebelum Juni 2022. Berita ini bikin nilai saham perusahaan anjlok hingga USD50 miliar. Waduh!

    Buntut dari masalah ini (dan juga masalah finansial), Netflix dilaporkan telah menghentikan banyak acara yang sedang mereka kembangkan, termasuk departemen film dan tayangan animasi yang dapat dampak paling besar soal masalah ini.

    Berdasarkan laporan The Wrap, Phill Rynda selaku Director of Creative Leadership and Development for Original Animation Netflix telah undur diri dari perusahaan bersama dengan stafnya.

    Baca juga: Waduh, Pengguna Netflix Anjlok 200 Ribu User!

    Proyek tayangan animasi seperti adaptasi 'The Twits' karya Roald Dahl kabarnya telah dibatalkan. Serial animasi berdasarkan serial buku komik favorit Jeff Smith, 'Bone' dan 'Toil and Trouble' karya Lauren Faust jadi beberapa tayangan animasi yang juga dibatalkan Netflix.

    Sebelumnya, film sequel 'Bright 2' yang dibintangi Will Smith sudah dibatalkan. Ada yang mengatakan kalau pembatalan ini ada kaitannya dengan insiden Will Smith di Oscar 2022, namun Netflix membantah hal ini.

    Melihat keadaan Netflix saat ini, bisa jadi pembatalan tersebut juga berkaitan dengan masalah internal Netflix soal keuangan. 

    Baca juga: Begini Cara Hapus Film dari Daftar 'Continue Watching' Netflix

    Belum diketahui jelas berapa banyak proyek Netflix yang telah dibatalkan, namun untuk film dan series populer seperti 'Stranger Things', 'The Witcher', 'Arcane', dan 'Squid Game' masih tetap aman dan bakal tetap diproduksi.

    Pembatalan ini mungkin akan memberi dampak besar pada tayangan-tayangan baru Netflix. Tapi, sebenarnya semua tayangan sama-sama dalam resiko, baik itu yang banyak disukai ataupun tidak. 

    Karena seperti yang kita tahu, Netflix hobi banget membatalkan film dan tayangan-tayangan favorit pengguna padahal antusias soal film dan tayangan tersebut cukup tinggi.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini