News

Indonesia Berkebun, Komunitas Peduli Alam

  • 04 August 2016
  • Bagikan :

    Berawal dari sebuah semangat yang muncul lewat media sosial Twitter, kemudian disambut oleh para netizen yang peduli akan kota yang lebih sehat, lebih hijau dan lebih membawa manfaat, akhirnya lahirlah gerakan Indonesia Berkebun.

    Indonesia Berkebun adalah sebuah gerakan komunitas yang bergerak melalui media jejaring sosial (twitter, facebook, youtube dll) yang bertujuan untuk menyebarkan semangat positif untuk lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan dengan program urban farming, yaitu memanfaatkan lahan tidur di kawasan perkotaan yang diubah menjadi lahan pertanian/perkebunan produktif yang dilakukan oleh peran masyarakat sekitar.

    Dengan semangat ini sekarang, Indonesia Berkebun sudah berkembang dan menularkan semangat ini di 30 kota dan 8 kampus di Indonesia (kota-kota dan kampus-kampus yang bergabung di dalam jejaring Indonesia Berkebun) dengan visi dan tujuan yang sama.

    Dengan gerakan positif ini, Indonesia Berkebun dianugrahkan penghargaan oleh Google Asia Pacific untuk kategori Web-Heroes pada tahun 2011, Inspiring Movement for Environment 2013 dari Nutrifood, Finalist Ashoka Changemakers 2013 dan apresiasi-apresiasi lainnya baik dari media nasional hingga internasional juga instansi-instansi lainnya.

    Kemunculan komunitas Indonesia Berkebun ini bisa terwujud tentunya karena didukung oleh sang penggagas, Walikota Bandung, Ridwan Kamil dibantu inisiasinya para penggiat yang masih aktif hingga sekarang, seperti Sigit Kusumawijaya (arsitek), Achmad Marendes, Shafiq Pontoh (ahli media sosial) dan co-initiator lainnya.

    Besar harapan dari penggiat-penggiat Indonesia Berkebun supaya kegiatan ini bisa menularkan semangat kepada teman-teman dan warga lainnya untuk lebih peduli terhadap lingkungan khususnya perkotaan supaya dapat menjadi kota yang hijau, bersih, sehat nyaman dan mempunyai nilai dan kualitas yang tinggi untuk ditinggali di masa depan untuk generasi penerus dan anak cucu kita.

    https://www.youtube.com/watch?v=eixPNRqek5Q