home ×
Auto

Indonesia Otomotif Online Festival Digelar 25-29 Agustus

14 August 2020 By
Indonesia Otomotif Online Festival Digelar 25-29 Agustus
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: IMX)

Uzone.id - Walau hasil survei konsumen Google, memperlihatkan bahwa sebagian besar konsumen saat ini menunda membeli mobil, namun Google Trends menunjukkan bahwa minat membeli mobil tetap tinggi.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen kini mau membeli mobil via online, dan hasil survei memperlihatkan bahwa mayoritas konsumen mau membeli di situs web resmi produsen mobil.

Sehingga saluran pembelian online semakin berperan penting bagi industri otomotif di masa pandemi ini.

Apalagi, konten otomotif di YouTube mendapatkan momentum. Waktu tonton untuk video bertema Auto Show naik lebih dari dua kali lipat (hingga 111 persen) tahun lalu (2019/2020) dibandingkan 12 bulan sebelumnya (2018/2019)

Dari April hingga Juni, jumlah pengguna yang mengharapkan pengalaman pengguna yang menyenangkan di situs web OEM naik dari 21 persen ke 36 persen.

BACA JUGA: Tenaga Mesin MG HS Lebih Kuat dari Corolla Cross

Konsumen (43 persen) mau membeli mobil via online, dan mayoritas pembeli (71 persen) ingin membeli mobil langsung dari situs web dealer.

Ini kenaikan yang sangat pesat jika dibandingkan tahun 2019, dengan hanya 4% konsumen yang siap membeli mobil via online.

Menurut hasil survei konsumen Google yang diikuti oleh 1.000 responden dari dalam dan luar pulau Jawa, dalam situasi sekarang ini produsen mobil perlu mengambil sejumlah langkah penting untuk menaikkan penjualan. Google menyarankan tiga cara agar perusahaan otomotif dapat menarik minat pelanggan di masa menantang seperti sekarang ini.

Data tersebut menjadi acuan digelarnya Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) melalui YouTube dari 25-29 Agustus di gridoto.com/ioof dan channel YouTube GridOto. Ajang otomotif ini hasil kolaborasi Google, KG Media dan APM. 

Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia, mengatakan bahwa cara masyarakat Indonesia dalam mencari konten yang relevan, melakukan riset, dan membeli mobil kini lebih bergeser ke online, dan itu didominasi oleh orang-orang berusia 18-35 tahun. 

“Kami melihat ada perubahan yang cepat di industri otomotif, bukan hanya karena pandemi tetapi juga karena perubahan kebiasaan pengguna. Orang-orang yang mau membeli mobil sekarang lebih suka mencari via online, dan seiring perubahan perilaku pengguna, industri mobil juga harus beradaptasi,” tutur dia.

 

VIDEO Rahasia Bikin Mobil Irit BBM, Mudah, Murah, Aman

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Orang biasa 19 August 2020 | 16:34:24

wah gak lama lagi nih festival otomotif online agustus ini

Ana Okina 15 August 2020 | 10:20:26

berita sangat bermanfaat

Andar str 14 August 2020 | 18:20:22

Seiringnya minat dan daya pembelian

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article