icon-category Telco

Kecepatan 5G Indosat di Formula E Jakarta Bisa Tembus 4 Gbps!

Indosat Ooredoo Hutchison menjadi Official Partner 5G untuk Jakarta E-Prix atau Formula E 2022 (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) resmi menjadi Official 5G Partner untuk balapan Jakarta E-Prix atau Formula E 2022. Bersama dengan Ericsson sebagai mitra strategisnya, IOH menghadirkan layanan 5G di sekitar lokasi Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Menjadi sponsor utama Formula E Jakarta, IOH akan memberikan pengalaman internet jaringan generasi kelima yang super cepat kepada para pembalap, kru tim, panitia, hingga ratusan ribu penonton yang hadir.

“Ini adalah acara internasional yang menjadi kebanggaan bagi Indonesia. Apalagi, Formula E merupakan event yang memberikan gambaran kepada kita tentang lingkungan dan sustainability,” ujar Muhammad Danny Buldansyah, Director and Chief Regulatory IOH.

Baca juga: Formula E Jakarta, Malah Seru Politiknya Dibanding Entertainment

Untuk memaksimalkan jaringan 5G di sekitar venue Formula E Jakarta, IOH dan Ericsson menggunakan frekuensi 3,5 GHz dengan spektrum 500 MHz. Adapun untuk spektrum 500 MHz, Indosat Ooredoo Hutchison mendapatkan pinjaman dari Kementerian Kominfo.

“Kami didukung penuh oleh pemerintah dalam hal ini Kominfo. Kami mendapatkan pinjaman spektrum 500 MHz untuk event ini demi memberikan real experience saat Formula E berlangsung di Jakarta,” jelas Danny.

Di kesempatan yang sama, Desmond Cheung selaku CTO Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan bahwa tambahan spektrum tersebut bakal memberikan kecepatan internet yang sangat cepat.

Ia memperkirakan, rata-rata kecepatan internet 5G di Jakarta E-Prix 2022 bisa mencapai 4 Gbps. Namun, Desmond menekankan kalau kecepatan internet tergantung dari latensi dan jumlah pengunjung yang datang nanti.

“5G memiliki latensi yang rendah dan memberikan kecepatan uplink yang tinggi. Lebih lebar spektrum berarti memberikan speed yang lebih tinggi juga,” ucap Desmond.

Baca juga: Samsung Galaxy M53 5G vs Samsung Galaxy M33 5G

Tak cuma itu, Indosat Ooredoo Hutchison juga menyiapkan BTS permanen dan sementara yang sudah beroperasi penuh untuk memaksimalkan jaringan 5G di sekitar venue.

Untuk bisa merasakan cepatnya jaringan generasi kelima, pelanggan IOH yang datang ke Formula E 2022 di Jakarta wajib menggunakan smartphone 5G-ready dan sudah terdaftar resmi untuk dipasarkan di Indonesia.

“Anda bisa menggunakan ponsel high-end, entah Android atau iPhone. Ponsel apapun itu asalkan sudah 5G,” katanya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini