home ×
Technology

Indosat Ooredoo Catat Penurunan Besar Penggunaan Layanan Voice & SMS

31 December 2017 By
Indosat Ooredoo Catat Penurunan Besar Penggunaan Layanan Voice & SMS
Share
Share
Share
Share

Seperti pada tahun sebelumnya, setiap hari libur dan perayaan hari besar seperti Natal 2017 selalu ada peningkatan & penurunan trafik jaringan operator Indosat Ooredoo.

Dalam monitoring yang intensif dilakukan pihak perusahaan untuk mengantisipasi kenaikan traffic baik itu Data, voice, maupun SMS akibat tingginya aktivitas masyarakat selama periode tersebut dilakukan beragam persiapan peningkatan performa jaringan. Namun sayangnya, dalam catatan perusahaan hanya trafik data yang naik, tetapi penggunaan SMS dan Voice menurun.

”Indosat Ooredoo selalu berkomitmen untuk menjaga kenyamanan dan kelancaran komunikasi pelanggan terutama di saat-saat meningkatnya kebutuhan layanan komunikasi pada Hari Raya  Natal yang juga bertepatan dengan libur akhir tahun 2017,” jelas Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Deva Rachman.

Menurutnya, adanya kenaikan traffic baik itu Data, voice, maupun SMS telah kami antisipasi dengan meningkatkan kapasitas jaringan serta mengaktifkan monitoring jaringan nasional secara intensif melalui INOC. Kami berharap upaya kami dalam menjaga layanan komunikasi dapat mendukung aktivitas pelanggan untuk menikmati libur akhir tahun.

Tren penggunaan media sosial dan pengiriman pesan melalui aplikasi chatting memberi pengaruh pada traffic secara umum.Traffic Data nasional di hari Natal (25/12) meningkat menjadi 3.917,46 TeraBytes atau naik 14,24% dibandingkan traffic data reguler pada hari biasa.

Sementara itu traffic voice nasional mengalami penurunan menjadi sekitar 235,51 juta menit, atau turun sekitar 18,4% dibandingkan dengan traffic voice reguler hari biasa. Traffic SMS pun menurun menjadi sekitar 194 juta SMS, atau turun 26,39% dibandingkan traffic SMS reguler hari biasa dengan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai sekitar 97,5%.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan jaringannya untuk mengantisipasi kenaikan traffic telekomunikasi yang diprediksi akan terjadi saat libur akhir tahun ini, dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringannya.

Perusahaan telah meningkatkan semua kapasitas layanan yang meliputi suara, SMS dan Data. Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 8.262 Terabyte/hari.

Kesiapan ini juga didukung oleh kegiatan monitoring jaringan secara intensif melalui i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center), fasilitas monitoring & pengendalian jaringan secara terpadu baik untuk layanan seluler (mobile) maupun layanan Enterprise Corporate (Fixed MIDI), Indosat Ooredoo Business, termasuk yang disediakan oleh anak perusahaan Indosat seperti  Lintasarta dan IM2. i-NOC juga berperan untuk meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.

The post Indosat Ooredoo Catat Penurunan Besar Penggunaan Layanan Voice & SMS appeared first on ArenaLTE.com.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article