home ×
Telco

Indosat ‘Ramal’ Lonjakan Trafik Internet 20 Persen Saat Lebaran

29 April 2019 By
Indosat ‘Ramal’ Lonjakan Trafik Internet 20 Persen Saat Lebaran
Share
Share
Share
Share

(Foto: dok. Indosat Ooredoo)

Uzone.id -- Perusahaan telekomunikasi Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringan demi mengantisipasi lonjakan trafik data maupun suara dan SMS saat perayaan Lebaran pada Juni mendatang.

Khusus lonjakan data yang mengandalkan koneksi internet, hal ini sangat lumrah mengingat masyarakat Indonesia sudah begitu fasih dengan layanan digital dan penggunaan media sosial.

Dari keterangan resmi yang diterima Uzone.id, Indosat memprediksi ada lonjakan trafik data sebesar 15 sampai 20 persen, dengan kapasitas layanan data yang turut ditingkatkan menjadi 18,4 Terabyte per hari.

Sementara kapasitas layanan SMS telah dipersiapkan sampai 975 juta SMS per hari dan layanan suara mencapai 37 juta erlang per hari.

Uji jaringan Indosat menjelang Ramadan dan Idul Fitri ini telah dilaksanakan di beberapa titik kota di Indonesia, seperti Solo-Jawa Tengah, Malang-Jawa Timur, Padang-Sumatera Barat, Banjarmasin-Kalimantan Selatan, dan Makassar-Sulawesi Selatan. Semuanya serempak dilakukan pada 25 April 2019.

Baca juga: Indosat Siap Uji Coba Jaringan 5G

Kota-kota tersebut dianggap punya potensi tinggi kepadatan tujuan mudik, sehingga kemungkinan kenaikan trafik telekomunikasinya juga tinggi.

Dari hasil uji jaringan tersebut, Indosat mencatat kecepatan maksimal download berkisar antara 62,7 Mbps sampai 104,7 Mbps, dengan rata-rata kecepatan 85,33 Mbps.

Sementara ada pula kecepatan download yang beragam di beberapa titik keramaian, di antaranya 93 Mbps (Losari Makassar), 76,8 Mbps (kawasan Bandara Adi Sumarmo Solo), 62,7 Mbps (Alun-alun Malang), 89,7 Mbps (Gunung Padang), dan 104,7 Mbps (kawasan Patung Bekantan Banjarmasin).

“Kesiapan kapasitas jaringan telekomunikasi ini didukung oleh gelaran infrastruktur jaringan 4G Plus di jaringan Indosat. Kebutuhan telekomunikasi selama masa-masa trafik padat akan terus kami penuhi dan pantau agar pengalaman komunikasi semakin baik di momen penting seperti Lebaran,” tutur Chief Technology Officer Indosat Ooredoo, Dejan Kastelic.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article