icon-category News

Infografik: 8 Fakta Unik Albert Einstein yang Mungkin Belum Kamu Tahu

  • 14 Dec 2017 WIB
  • Bagikan :

    Kamu mungkin sudah mengenal Albert Einstein sebagai manusia jenius dan ahli fisika penemu Teori Relativitas. Tapi sudahkah kamu tahu bahwa ternyata Einstein memiliki hobi bermain biola dan berlayar?

    Dan tahukah kamu bahwa peraih Hadiah Nobel Fisika tahun 1921 itu pernah gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi dan telat untuk bisa bicara ketika kecil?

    Tim kumparan (kumparan.com) telah merangkum fakta-fakta menarik soal Einstein yang kamu mungkin belum tahu. Mari simak agar kamu semakin mengenal Einstein lebih dalam.

    Gagal Ujian dan Telat Bicara

    Siapa sangka manusia jenius seperti Einstein malah pernah gagal ujian masuk perguruan tinggi. Di usia 16 tahun, Einstein mendaftar ke Zurich Polytechnic. Saat mengerjakan tes masuk kampus itu untuk pertama kalinya, ia gagal.

    Penyebabnya, ia belum terlalu menguasai bahasa Prancis yang dipakai dalam soal-soal ujian. Einstein gagal dalam bagian soal bahasa, botani, dan zoologi. Namun begitu ia bisa mengerjakan soal matematika dengan baik.

    Tak hanya gagal dalam ujian, sewaktu kecil Einstein juga sempat telat bicara. Einstein baru bisa berbicara lancar pada usia 4 tahun. 

    Belakangan hal semacam ini disebut sebagai sindrom Einstein. Sindrom ini menyebabkan anak-anak yang memiliki kecerdasan tinggi mengalami keterlambatan dalam perkembangan fungsi bicara.

    Jago Main Biola dan Suka Berlayar

    Selain ahli fisika, Einstein ternyata juga jago bermain musik. Bakat musik Einstein turun dari ibunya yang merupakan pianis andal.

    Einstein sendiri mahir bermain biola. Ia mulai belajar biola sejak usia 6 tahun. Einstein biasa bermain biola di sela-sela penelitiannya. Sebab, bermain biola membantu Einstein dalam memikirkan teori-teorinya. Biola Einstein bernama Lina.

    Tak cuma hobi bermain biola, Einstein juga suka berlayar. Ia mulai berlayar sejak usia 18 tahun. 

    Sewaktu tinggal di Amerika Serikat ia memiliki kapal layar sendiri. Kapal layar itu ia namakan Tinnef. Selagi berlayar, Einstein biasa menuangkan pikirannya ke buku catatan dan memikirkan teori-teori alam semesta. 

    Tak Suka Pakai Kaus Kaki

    Einstein tidak suka memakai kaus kaki dan selalu memakai sepatu yang agak tinggi untuk menyembunyikan kakinya yang tanpa kaus kaki itu. Menurut Einstein, ia tak suka pakai kaus kaki karena jempol kakinya yang besar sering merusak kaus kakinya.

    Tidur 10 Jam tiap Malam

    Einstein selalu tidur selama 10 jam setiap malam dan ia juga selalu tidur siang. Waktu tidur yang cukup ini membuatnya dapat berpikir lebih jernih dan tajam.

    Pernah Ditawari Jadi Presiden Israel

    Einstein pernah ditawari untuk menjadi presiden Israel di tahun 1942, tapi dia menolak dengan alasan tidak memiliki kemampuan politik.

    Otak dan Mata Einstein Pernah Dicuri

    Kecerdasan Einstein membuat banyak orang penasaran terhadap isi otaknya. Setelah kematian Einstein, seorang dokter bedah di Princeton mengambil otaknya tanpa izin. 

    Ternyata, bagian lobus parietal dari otak Einstein memang lebih besar 15 persen dari manusia biasa pada umumnya. Lobus parietal adalah bagian otak yang berhubungan dengan kemampuan matematika. Meski bagian lobus parietal Einstein lebih besar dari rata-rata, berat otaknya ternyata lebih ringan dari rata-rata.

    Selain otak, mata Einstein juga pernah diambil oleh dokter yang melakukan autopsinya. Mata Einstein itu kemudian diberikan kepada dokter mata Einstein. Mata Einstein telah diawetkan dan disimpan oleh dokter matanya.

    Tags : albert einstein 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini