icon-category Auto

Ingat Lagi Tips Mudik Pakai Motor, Jangan Bawa Barang Tidak Perlu!

  • 20 Apr 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Mudik menggunakan sepeda motor menjadi alternatif sejumlah masyarakat Indonesia yang ingin pulang ke kampung halaman. Meskipun pilihan alternatif, namun persiapannya tetap harus diperhatikan agar aman sampai di tujuan.

Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora memberikan sejumlah tips bagi pemudik yang ingin menggunakan motor.

Ludhy menyebutkan sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya pemudik motor wajib memperhatikan dan mempersiapkan segala sesuatunya. Dari mulai motor yang sehat, kebutuhan pribadi, mencatat rute perjalanan yang dilewati, hingga menggunakan perlengkapan berkendara yang lengkap.

"Pastikan kondisi motor berada dalam kondisi yang prima, pengendara juga dapat melakukan pengecekan dahulu di bengkel. Cek kondisi ban, pengereman, aki, dan kelistrikan untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik," ujar Ludhy dalam keterangan tertulis yang diterima Uzone.id.

Di sisi lain, Ludhy menyarankan pemudik untuk menentukan rute perjalanan lewat aplikasi yang banyak tersedia di gawai pintar. Tentukan rute yang mudah untuk dilewati dan dapat menghemat waktu, sehingga perjalanan ke kampung halaman akan lebih efektif dan efisien.

alt-img

Selanjutnya lakukan istirahat pada waktunya, Ludhy menyebutkan durasi maksimal berkendara sepeda motor adalah 2 jam. Istirahat akan berguna untuk mencegah terjadinya kelelahan saat berkendara yang dapat berpengaruh terhadap fokus pengendara.

"Kelelahan saat berkendara merupakan salah satu penyebab dari terjadinya kecelakaan, jika kita melakukan perjalanan di bulan Ramadhan dan dalam keadaan puasa, istirahat ini sangatlah penting karena bisa saja saat kita berpuasa kita kekurangan cairan dan membuat kita semakin lelah saat berkendara," pungkasnya.

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah tidak membawa barang-barang yang tidak perlu saat mudik menggunakan sepeda motor. Ludhy menyarankan pemudik motor disarankan tidak melebihi kapasitas yang seharusnya, salah satunya tas punggung yang tidak melebihi bahu dari pengendara.

"Disarankan bagi yang membawa barang khususnya menggunakan sepeda motor tipe sport, menggunakan tas tangki motor atau untuk tipe lainnya dapat menggunakan boks tambahan di belakang sepeda motor," sebutnya.

Terakhir, pastikan pemudik motor membawa jas hujan sebagai perlengkapan ketika melakukan perjalanan jauh. Tak lupa juga riding gear yang digunakan harus lengkap, seperti sarung tangan helm, dan jaket agar perjalanan semakin aman dan nyaman

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini