icon-category Auto

Ini 4 Tips Jitu Hemat Bensin Setiap Hari

  • 20 Dec 2016 WIB
Bagikan :

Suara.com - BBM atau Bahan Bakar Motor mau tak mau menjadi sebuah kebutuhan pokok tersendiri. Kenaikan harga BBM bisa-bisa menjadi masalah yang berdampak besar pada pengeluaran keuangan. Kenaikan harga BBM pun berarti satu hal : kenaikan harga bahan-bahan pokok yang lain.

Saking pentingnya harga BBM ini, Pemerintah pun mau tak mau memberikan subsidi untuk masyarakat agar harga BBM dapat terjangkau. Sayangnya, meski sudah ada subsidi dari pemerintah, pengeluaran untuk BBM setiap harinya mau tak mau tetap saja besar. Terlebih untuk para pekerja di kota besar yang setiap hari menggunakan kendaraan bermotor untuk transportasi.

Masalah harga BBM pun semakin menjadi pelik, yang akhirnya membuat para pengendara "dipaksa" untuk mengakali sendiri pengeluaran BBM mereka agar tidak membengkak dan sesuai dengan pengeluaran setiap bulannya.

Tips dan trick pun akhirnya terpaksa harus dikeluarkan agar pengeluaran BBM tetap terkontrol. Terlebih hidup di kota besar, yang mana rute perjalanan yang harus ditempuh jauh dan kerap kali harus terjebak dengan kemacetan. Yang tentu saja, akhirnya lebih banyak lagi menggunakan bensin atau bahan bakar.

Nah, bila saat ini Anda tengah mencari cara untuk menghemat pengeluaran BBM dengan pemakaian sehari-hari, di bawah ini kami memiliki 4 tips untuk berhemat bensin setiap hari. Yuk dicoba.

1. Coba jalur alternatif

Bukan rahasia lagi bahwa semakin jauh jarak yang ditempuh, maka bensin atau bahan bakar yang digunakan oleh kendaraan bermotor pun semakin banyak. Bila setiap hari Anda harus melalui jarak yang cukup jauh untuk pulang dan pergi dari kantor, mungkin sekarang sudah saatnya untuk mulai mencari jalur paling dekat sehingga waktu perjalanan setiap harinya pun semakin pendek. Tak mudah memang, terutama dengan berbagai kekurangan dan kelebihan masing-masing dari setiap jalur yang ditempuh. Namun tak ada salahnya untuk dicoba, bukan?

Banyaknya aplikasi map yang tersedia di Google Play Store maupun di Apple Store pun dapat membantu Anda menemukan rute terpendek menuju kantor atau lokasi kampus. Selain itu, beberapa aplikasi map bahkan sudah memiliki fitur untuk mencari jalur atau rute paling pendek dan bebas hambatan menuju lokasi yang sudah ditentukan.

2. Car Pooling atau Ride Sharing

Car Pooling atau Ride Sharing mungkin masih terdengar asing bagi Anda. Tapi, Anda tentu pernah mendengar mengenai nebeng, bukan? Tapi untuk menghemat BBM, tak bisa sembarangan nebeng.

Nebeng, Car Pooling, atau Ride Sharing yang bisa dilakukan untuk menghemat pemakaian bahan bakar bisa dengan mencari beberapa teman kantor atau kampus yang satu tujuan. Atau bahkan lokasi tempat tinggalnya berdekatan. Bersama-sama bisa berangkat dan pulang kantor, dan menggunakan kendaraan bergantian. Misalnya saja nih, Rabu dan Kamis bersama-sama ke kantor menggunakan mobil Anda, sedangkan hari berikutnya dengan kendaraan milik teman yang lain. Cara ini tak hanya bisa menghemat bahan bakar namun juga mempererat silahturrahmi loh!

3. Jangan nyalakan mesin kendaraan saat macet

Ya, Anda tidak salah baca. Pemakaian bensin atau bahan bakar bisa semakin banyak ketika macet. Jadi, ketika anda terjebak macet sebaiknya memang mematikan kendaraan bermotor. Terutama mobil.

Tapi harus diingat, Anda baru bisa mematikan kendaraan bermotor bila keadaan benar-benar macet total, alias tak bergerak sama sekali. Pasalnya, bila keadaan masih memungkinkan untuk bergerak dan Anda menjadi sering menghidup matikan mesin motor, bahan bakar yang digunakan malah semakin besar loh. Jangan lupa buka kaca mobil ya bila mematikan motor, agar tidak panas!

4. Manfaatkan promo kartu kredit

Saat ini, sudah banyak SPBU yang menyediakan layanan pembayaran dengan kartu kredit. Dan ini tak hanya memberikan kemudahan pada Anda untuk melakukan pembayaran saja, namun juga memberi keuntungan dengan banyaknya promo atau diskon yang diberikan.

Promosi yang diberikan oleh bank penyedia kartu kredit biasanya berupa cash back setelah pembelian bensin nominal tertentu. Tak itu saja, kadang pihak kartu kredit pun memberikan promo bensin gratis dalam waktu-waktu tertentu. Menguntungkan bukan?

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Tips Berbelanja Online saat Harbolnas Agar Tetap Hemat

Bukti Potong Pph 23, Apa Saja yang Mesti Anda Ketahui?

Balance Transfer Kartu Kredit, Inilah yang Perlu Diketahui

Published by

 

Berita Terkait:

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini