Health

Ini Bahaya yang Mengintai Bila Kamu Sering Mengupil

  • 23 October 2018
  • Bagikan :

    (Foto: Suara.com)

    Uzone.id - Beberapa orang menganggap mengupil sebagai tindakan jorok. Hal itu memang benar. Bahkan mengutip Reader’s Digest, para ahli mengatakan bahwa mengupil dapat membahayakan kesehatan kamu.

    Menurut penelitian yang diterbitkan dalam European Respiratory Journal, mengupil dapat menyebarkan bakteri penyebab pneumonia.

    Para peneliti dari Liverpool School of Tropical Medicine berusaha mempelajari bagaimana orang-orang terjangkit pneumonia dengan bantuan 40 relawan. Relawan dibagi menjadi empat kelompok dan terpapar bakteri melalui metode yang berbeda.

    Baca: Apakah HIV Bisa Menular Melalui Bersin dan Bersalaman?

    Penelitian terbaru ini menemukan bahwa bakteri penyebab pneumonia dapat menyebar melalui aktivitas mengupil dan menggosok hidung.

    Science Daily mencatat bahwa ini adalah penelitian pertama yang menunjukkan penularan dari kontak antara hidung dan tangan setelah terpapar bakteri, tidak hanya melalui pernapasan.

    Salah satu peneliti utama, Victoria Connor, MD, mengatakan bahwa infeksi pneumokokus adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia.

    Baca: Rutin Konsumsi Kafein Meningkatkan Risiko Stroke, Benarkah?

    Menurut Victoria, terdapat sekitar 1,3 juta kasus kematian pada anak-anak balita, setiap tahun, akibat infeksi ini.

    Infeksi pneumokokus dapat menyebabkan pneumonia, sepsis, dan meningitis.

    Karena itu, menjaga kebersihan tangan sangat penting guna melindungi tubuh dari paparan bakteri penyebab penyakit.

    Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, dokter dan ahli kesehatan menekankan bahwa jangan pernah meremehkan bahaya kesehatan dari mengupil. Potensi berbahaya lainnya dari mengupil, yaitu hidung mimisan dan infeksi pernapasan.