home ×
Gadget

Ini Cara Pengguna Pakai Layanan Google di Huawei Mate 30 Pro

15 November 2019 By
Ini Cara Pengguna Pakai Layanan Google di Huawei Mate 30 Pro
Share
Share
Share
Share

Peluncuran Huawei Mate 30 Pro di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Kamis (14/11). (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Uzone.id - Huawei Mate 30 Pro tak lagi menggunakan Google Mobile Service (GMS). Artinya, aplikasi dari Google, seperti Google Play Store, Gmail, Google Chrome, Google Maps, YouTube, dan lainnya, absen di smartphone berbasis Android itu.

Meski demikian, pengguna tetap bisa mengakses aplikasi tersebut. Bila kamu ingin memakai YouTube, misalnya, kamu bisa mengaksesnya melalui Huawei Browser.

Baca juga: Deretan Aplikasi Google yang Absen di Huawei Mate 30 Pro

Dalam peluncuran Huawei Mate 30 Pro di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Kamis (14/11), Edy Supartono, Training Director Huawei CBG Indonesia sempat menunjukkan cara menggunakan YouTube lewat Huawei Browser.

“Ketika saya buka di sini (Huawei Mate 30 Pro), saya bisa melakukan browsing, bahkan di YouTube sendiri, saya bisa login akun saya. Jadi, kalau misalnya kita ada subscribe ke beberapa akun, atau mungkin kita follow siapa, itu pun tetap bisa muncul,” ujar Edy.

Supaya lebih mudah mengakses YouTube dari Huawei Browser, YouTube bisa di-bookmark dan di-shortcut untuk disimpan di homescreen.

Baca juga: Akhirnya Dirilis, Huawei Mate 30 Pro Dibanderol Rp12,49 Juta

Lebih lanjut, Edy mengatakan, “Bahkan aplikasi-aplikasi Google lainnya, seperti misalnya Maps, saya bisa gunakan dan search location saya, Google Chrome saya bisa pakai.”

Kalau pengguna ingin download aplikasi, Huawei Mate 30 Pro mempunyai Huawei AppGallery yang membantu pengguna untuk mendapatkan banyak aplikasi. “Jika gak ada pun, mungkin aplikasi pihak ketiga lainnya pun bisa menjadi salah satu alternatif caranya,” ujar Edy.

Cara berkirim pesan Gmail

Dalam kesempatan yang sama, Lo Khing Seng, Deputy Director Huawei Consumer Business Group juga menegaskan bahwa Gmail tak ada di Huawei Mate 30 Pro.

Meski demikian, pengguna yang sudah memiliki akun Gmail tetap bisa berkirim pesan di smartphone berprosesor Kirin 990 itu.

Khing Seng mengatakan, “Gmail bisa di-setting.” Artinya, menurut Edy, “Jadi, Huawei itu punya Huawei Email. Itu bisa dipakai untuk setting semua jenis email, Gmail, Hotmail, Yahoo.”

“Itu kan konsumen yang meng-install sendiri kan, bisa. Tapi kalau Huawei, ada Gmail? Gak ada. Tapi kalau konsumen mau cari di sini bisa,” Khing Seng menimpali.

Jadi, pengguna hanya perlu mengatur Gmail di Huawei Mail. “Tinggal setting Gmail di sini (Huawei Email), sudah tinggal kirim. Jadi bukan aplikasi Gmail-nya, tapi Gmail-nya kita setting di sini,” ujar Edy.

Lebih lanjut, ia menegaskan, “Karena Huawei Email ini lebih luas, kita gak cuma satu provider email tertentu, tapi hampir semua provider email kita bisa setting di Huawei Email, bahkan email kantor.”

Cara mudah instal aplikasi Google

Di luar cara-cara tersebut, sebenarnya ada tips mudah instal aplikasi Google di Huawei Mate 30 Pro. Mengutip 9to5Google, untungnya, mendapatkan Google Play Services sangat mudah, sehingga aplikasi dari Google dapat berfungsi di Huawei Mate 30 Pro.

Menginstal framework Google Play Services dapat mengubah Huawei Mate 30 Pro menjadi ponsel Android ‘normal’. Kamu dapat menggunakan aplikasi Google seperti biasa dan secara menyeluruh. Prosesnya pun cukup singkat, kurang dari 10 menit dan tidak memerlukan pengetahuan teknis yang artinya dapat dilakukan oleh siapa saja.

Huawei mungkin tidak dapat memberi tahu pengguna mengenai cara memasang aplikasi Google pada Mate 30 Pro karena alasan hukum.

Damien Wilde dari 9to5Google telah menggunakan Google Play Services sejak peluncuran Mate 30 dan tidak ada masalah. Menurutnya, semua berfungsi seperti yang diharapkan. Nah, berikut ini cara mudah menginstal aplikasi Google di Huawei Mate 30 Pro.

  1. Buka ‘Browser’ yang ada, kemudian buka web https://www.lzplay.net/
  2. Tekan tombol biru besar untuk mengunduh installer Google Services Framework.
  3. Izinkan installer Google Service Assistant untuk menginstal semua file dan frameworks yang diperlukan.
  4. Setelah Google Play Store terinstal, jalankan ap,ikasi.
  5. Pengguna mungkin mengalami masalah saat sign in. Cukup restart Huawei Mate 30 Pro dan operasikan kembali.
  6. Masuk dan instal semua (atau sebagian) aplikasi Google
  7. Selesai

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
꧁༒Hunter༒꧂, 07 December 2019 | 22:06:19

mungkin ini perlu kita ketahui siapa tahu nanti punya Huawei Mate 30 Pro

pejuang 28 November 2019 | 21:25:06

mungkin ini perlu kita ketahui siapa tahu nanti punya Huawei Mate 30 Pro

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article