Gadget

Ini Daftar Ponsel dengan Kamera Terbaik di 2019

  • 01 December 2019
  • Bagikan :
    Ini Daftar Ponsel dengan Kamera Terbaik di 2019

    (Ilustrasi/dok. Dxomark) 

    Uzone.id -- Kalau sudah tiba di momen penghujung tahun begini, bawaannya ingin merekap ponsel pintar apa saja yang sudah dirilis di sepanjang 2019 beserta kemampuan terbaiknya, seperti kamera.

    Salah satu situs benchmark andalan teknologi, Dxomark, belum lama ini merilis daftar ponsel pintar yang memiliki kamera terbaik. Dari situsnya, Dxomark mengaku telah menguji coba sekitar 31 kamera utama dari ponsel yang dirilis di tahun 2019, mulai dari perangkat entry-level sampai flagship.

    Pengembangan teknologi pada kamera ponsel semakin maju dan akhirnya ada beberapa nama ponsel yang menduduki skor tinggi Dxomark berdasarkan kategori yang berbeda.

    Baca juga: Daftar Ponsel Berkamera 48MP yang Dirilis di 2019

    Ponsel apa sajakah? Baca terus kalau penasaran.

    1. Kategori “best for video”: iPhone 11 Pro Max

    (iPhone 11 Pro Max/Foto: Unsplash)

    iPhone 11 Pro Max dianggap terbaik dalam menyuguhkan kemampuan merekam video dengan kualitas dan resolusi tinggi, baik dalam kondisi statis maupun bergerak.

    (dok. Dxomark)

    Dxomark mencatat, iPhone 11 Pro Max dapat menghasilkan video maksimal dengan mode resolusi 4K, di mana gambar yang terekam begitu jernih, sangat minim noise jika di ruangan terbuka alias indoor

    Sistem autofokus pada iPhone ini juga dinilai memperlihatkan transisi yang begitu mulus dan tetap bisa stabil dalam kondisi bergerak.

    iPhone 11 Pro Max memiliki tiga kamera di bagian belakang, masing-masing resolusinya 12MP wide-angle f/1.8, lensa telephoto 12MP f/2.0, dan lensa ultra-wide 12MP f/2.4.

    Baca juga: Harga Lengkap Trio iPhone 11 di Indonesia

    2. Kategori “best for zoom”: Mi CC9 Pro Premium Edition

    Xiaomi Mi CC9 Pro (Ist)

    Baca juga: Menyibak 5 Kamera Xiaomi Mi CC9 Pro

    Kemampuan zooming Mi CC9 Pro Premium Edition menghasilkan skor 109 dari Dxomark. Ponsel ini menggunakan dua lensa telephoto 5MP dengan focal length yang berbeda yang bisa mengambil objek gambar dari jarak jauh dengan kualitas yang mumpuni.

    (dok. Dxomark)

    Dari hasil uji coba Dxomark, kemampuan zooming Mi CC9 Pro Premium Edition berhasil menangkap detail yang baik dan tentunya lebih bagus dibanding ponsel kompetitor lain. 

    (Hasil zooming Mi CC9 Pro Premium Edition/dok. Dxomark)

    Selain dua lensa telephoto, ponsel ini juga memiliki kamera utama 108MP dengan output foto setara kualitas 27MP, lensa ultra-wide 20MP, dan 2MP lensa makro.

    3. Kategori “best for ultra-wide”: Galaxy Note 10+ 5G

    (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

    Kemampuan ultra-wide pada ponsel semakin menjadi aspek yang diincar konsumen untuk variasi foto dan tentunya estetika.

    (dok. Dxomark)

    Galaxy Note 10+ 5G menurut Dxomark sanggup menghasilkan gambar dalam perspektif sudut lebar dengan kualitas yang apik, tanpa ada efek cembung atau fish-eye gitu. Dengan kata lain, Galaxy Note 10+ 5G dapat mengendalikan distorsi gambar. 

    (Hasil jepretan ultra-wide Galaxy Note 10+ 5G/dok. Dxomark)

    Hasil jepretan ponsel ini dengan lensa ultra-wide dinilai sama bagusnya baik dalam kondisi indoor dengan cahaya natural ataupun cahaya lampu. Exposure-nya akurat dan natural, warna yang tetap tajam, cahaya yang bisa seimbang, dan kalaupun ada noise saat siang hari, masih dalam skala normal.

    4. Kategori “best for night photography”: Huawei Mate 30 Pro

    (Foto: Uzone.id/Ranny Virginia)

    Lambat laun, konsumen secara otomatis mencari fitur night mode pada ponsel. Rasanya seperti ada yang kurang jika ponsel kekinian gak bisa menjepret foto di kondisi malam.

    Di kategori ini, Mate 30 Pro menempati posisi teratas versi Dxomark dengan skor 61.

    (dok. Dxomark)

    Skor tersebut berdasarkan exposure dan penyerapan warna yang terbilang apik untuk kondisi super low light. Selain itu, Mate 30 Pro juga dinilai dapat menghasil foto dengan tingkat noise yang minim. 

    Dxomark juga mencatat, Mate 30 Pro juga mengerahkan kemampuan flash-auto mode yang dapat bekerja ketika ada pemandangan yang agak terang, maka kamera langsung memasang exposure yang begitu akurat, noise rendah, dan detail yang cukup baik. Pun begitu jika kondisinya sedang terlampau gelap, kamera akan tetap menangkap cahaya sebaik mungkin.

    (Hasil night mode Mate 30 Pro/dok. Dxomark)

    Dua kamera utama Mate 30 Pro dibekali sensor Quad-Bayer 40MP diafragma f/1.7. Huawei juga melengkapinya dengan lensa telephoto 8MP, dan 3D ToF.

    Baca juga: Ini Prediksi Bos Huawei Indonesia Soal Tren Teknologi 2020

    5. Kategori “best all-rounder” (serba bisa): Huawei Mate 30 Pro / Xiaomi Mi CC9 Pro Premium Edition

    Yup, di kategori ini, skor Mate 30 Pro dan Mi CC9 Pro Premium Edition seri, yakni 121. Kategori ini memiliki arti kalau kedua ponsel tersebut menjadi pilihan terbaik untuk fotografi mobile yang butuh hasil jepretan dan video apik.

    (dok. Dxomark)

    Menurut Dxomark, Mate 30 Pro dapat menghasilkan foto dengan tingkat exposure yang pas dan minim noise bahkan di kondisi low light. Pun begitu dengan Mi CC9 Pro, jepretan fotonya mengandung exposure yang baik, warna putih dan cahaya yang seimbang.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini