icon-category Auto

Ini Dia ‘Benteng Berjalan’ Vladimir Putin, Si Pesaing The Beast

  • 28 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Aurus Senat Limousine (Foto: Aurus)

    Uzone.id - Sebagai presiden negara adikuasa, Vladimir Putin tentu saja harus punya perlindungan super kuat, apalagi musuh bebuyutan Rusia saat ini, Amerika Serikat bersama negara-negara NATO siap mengancam kedaulatannya.

    Rusia pun memberikan kendaraan terbaik yang sudah dipakai Putin ketika menjalani tugas-tugas kenegaraan. Kendaraan tersebut adalah sedan Aurus Senat Limousine (L700) versi antipeluru.

    Aurus Motors sendiri merupakan produsen mobil asal Rusia yang dikembangkan oleh NAMI di Moskow. 

    Pengembangan Senat dimulai pada tahun 2013, dan menjalani produksi pada 2021 di pabrik Sollers JSC di Yelabuga.

    BACA JUGA: Google Trend 2021: Warga Indonesia Makin Kepo Soal Mobil Listrik

    Aurus Senat S600 untuk sipil (Foto: Aurus)

    Aurus Senat juga terdapat versi sipil dengan bodi lebih pendek yang diberi nama S600, dan versi L700 Limousine tanpa dilengkapi fitur anti-peluru.

    Awalnya, Aurus Motors bisa memproduksi hingga 150 unit per tahun. Namun, di 2021, mereka membangun fasilitas baru yang bisa memproduksi 5 ribu unit. Bahkan, jika mereka mendapat banjir pesanan, produksi bisa ditingkatkan hingga 10 ribu unit per tahun.

    Aurus Senat Limosin adalah kendaraan Resmi Presiden Rusia, mobil ini melambangkan kebangkitan teknik industri dan potensi ilmiah dan teknologi Rusia.

    Aurus Senat Limousine (Foto: Aurus)

    Memakai platform modular dalam hal desain sehingga memungkinkan dengan mudah dan cepat mengubah jarak sumbu roda, panjang dan bahkan jenis mobil, dan menyesuaikan lokasi produksi untuk rilis model Aurus yang berbeda.

    Perlindungan Balistik

    Aurus Senat Limousine punya peringkat perlindungan balistik VR8 / VR1O. Ketebalan baja paling tipis sekitar 10 cm, sedangkan kacanya paling tipis 6 cm sehingga bisa tahan peluru yang ditembakkan dari senapan laras panjang AK-47, M16, AK 74 bahkan senjata mesin.

    Aurus Motors membanderol Senat S600 di harga USD250 ribu, sedangkan Aurus Limousine dijual USD350 ribu. Nah, untuk Senat Limousine yang dipakai Putin punya harga yang sangat tinggi, yakni USD1,5 juta.

    Aurus Senat Limousine (Foto: Aurus)

    Aurus Senat dipersenjatai mesin 4.400cc V8 Twin Turbo bertenaga 598 HP @5.500 rpm dan torsi 880Nm @4.750 rpm. Mobil ini juga mendapat tambahan motor listrik dengan daya 62 hp digabungkan dengan 9-percepatan transmisi otomatis.

    Untuk Aurus Senat Limousine anti-peluru diklaim bisa berlari 0-100 dalam waktu 12,7 detik. Di kakinya mendapat velg 20 inci.

    BACA JUGA: Toyota Indonesia Bersiap Produksi Kijang Innova Hybrid, Ini Sosoknya?

    Aurus Senat Limousine (Foto: Aurus)

    Di bagian kabin, penumpang disajikan layar yang memperilihatkan kondisi lingkungan di bagian samping dan depan mobil. Layar tersebut nempel di bagian kaca samping dan kaca pembatas kopit.

    Selain itu, di bagian bagasi terdapat ruang penyimpanan tabung oksigen. Jika sewaktu-waktu ada musuh melemparkan gas beracun, maka tabung berisi udara segar itu bisa dialirkan ke dalam kabin.

    Pesaing Senat Aurus Limousine

    Tentu saja, Senat Aurus Limousine yang jadi pelindung Putin cuma bisa disaingi oleh The Beast buatan Cadillac yang saat ini digunakan Presiden Joe Biden. 

    Ada pemandangan menarik ketika Putin dan Biden menghadiri KTT di Jenewa. Mereka tiba dengan mobil kepresidenan antipeluru dan antibom buatan negara masing-masing..

    Mobil yang jadi benteng berjalan kedua presiden tentu saja dilengkapi sejumlah fitur mewah dan rahasia. Juga terdapat gadget dan teknologi kelas atas.

    Presiden AS Barack Obama menggunakan The Beast saat berkunjung ke Vietnam (Foto: Instagram @nh.nguyen_) 

    Dilansir Uzone.id dari The Hindustan Times, The Beast yang dipakai Biden harganya USD1,5 juta. Harganya sama dengan Aurus Senat yang jadi andalannya Putin.

    The Beast juga mendapat kamera penglihatan malam, meriam gas air mata, sistem komunikasi canggih, sistem oksigen, sistem pemadam kebakaran otomatis, suplai darah untuk presiden saat terjadi darurat.

    Sasis unttuk The Beast telah dikembangkan oleh General Motors, yang bodinya terbuat dari baja, aluminium, titanium, dan keramik.

    The Beast punya bobot 9 ton dengan perlindungan baja setebal 8 inci yang membuatnya tidak bisa ditembus peluru dan bahan peledak.

    Untuk kaca jendela tebalnya tiga inci yang terdiri dari kaca lima lapis dan polikarbonat yang memastikan perlindungan terhadap peluru yang menembus baju besi.

    Limosin buatan Cadillac itu juga dibekali ban run-flat pneumatik yang diperkuat kevlar sehingga memungkinkan kendaraan tetap berjalan meskipun ban kempis.

    BACA JUGA: Citroen DS: Mobil Terindah Sepanjang Masa dan Penyelamat Presiden Prancis

    Selain itu, ban pada The Beast mendapat perlindungan dari robekan dan tusukan. Pintunya bisa melindungi penghuni dari serangan kimia atau biologis.

    Tangki bahan bakar dilapisi busa khusus agar tidak meleak jika terjadi benturan. Kemudian, kompartemen di bagian belakang The Beast terpisah dengan kompartemen pengemudi dan terdapat partisi pemisah terbuat dari kaca.

    The Beast punya kapasitas tempat duduk untuk lima penumpang termasuk presiden. Hanya presiden yang dapat menurunkan partisi dengan menjentikkan sakelar.

    Presiden dapat berkomunikasi dengan siapa saja di mana saja di dunia dari sistem komunikasi aman di dalam kendaraan. Ini mirip dengan kantor Oval dan sistem komunikasi Airforce One. Ia memiliki saluran komunikasi langsung dengan wakil presiden AS dan Pentagon juga.

    The Beast sendiri dipersenjatai mesin diesel 5.0L dengan konsumsi 3 km/liter.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini