Digilife

Ini Jagoan Game Lokapala di PON XX Papua 2021

  • 14 October 2021
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Tahun ini Pekan Olahraga Nasional (PON) memiliki pertandingan esport, yang salah satunya melibatkan game lokal karya anak bangsa, Lokapala. Pertandingan persahabatan itu dimenangkan oleh Jeet eSports yang akhirnya berhak atas uang senilai Rp100 juta dan piala.

    Ini merupakan kali pertama esports dipertandingkan dalam ajang olahraga nasional seperti PON. Meski masih sebagai pertandingan persahabatan namun hal ini menjadi catatan tersendiri karena ada game karya anak bangsa di pentas nasional seperti PON XX Papua 2021.

    Baca juga: Game Lokapala Dipertandingkan di PON XX Papua

    “Dengan diselenggarakannya pertandingan persahabatan ini pada PON XX Papua, kami berharap dapat mendorong bangkitnya industri pengembangan game tanah air,” ujar Dedi Suherman-CEO Melon Indonesia selaku publisher Lokapala.

    Pada kesempatan yang sama, Direktur Digital Business Telkom Indonesia Muhamad Fajrin Rasyid menyampaikan bahwa dengan berkembangnya industri eSports di Indonesia, diharapkan masyarakat tidak hanya menjadi konsumen saja.

    "Kita juga akan mendorong para kreator game lokal bisa menghasilkan game yang nantinya mendunia,” kata Fajrin.

    Baca juga: Si Buta dari Goa Hantu Jadi Jagoan Baru di Lokapala

    Pertandingan yang dilaksanakan secara offline dengan prokes yang ketat ini disiarkan secara langsung di channel YouTube PBESI, UPoint.id dan NimoTV. Untuk pertandingan game Lokapala sendiri telah diselenggarakan pada tanggal 22 September 2021 untuk pertandingan semifinal. Kemudian pada tanggal 23 September 2021 untuk pertandingan Bronze Match dan pada 25 September pertandingan final. Dari hasil timeline match tersebut, diperoleh 4 tim terbaik sebagai pemenang.

    ●Juara 1 = Jeet Esports - 100 Juta + Piala
    ●Juara 2 = Dewa United - 50 Juta
    ●Juara 3 = Capital Esports - 20 Juta
    ●Juara 4 = Pasopati Esports - 10 Juta

    Pada kategori gim Lokapala ini, Tim Jeet Esports yang terdiri dari Dicxon Fernando, Dzikri Adinulloh, Gurbinder Singh, Vesa Herawan dan Yohanes Ibrahim berhasil menjadi juara pertama setelah mengungguli tim Dewa United yang diperkuat oleh Denis Haris Prayogo, Indrawan Prasetyo, Mokhamad Yusuf Afrizal, Muhammad Iqbal, dan Roger Jeremy di peringkat kedua. Kemudian Tim Capital Esports yang terdiri dari Arbi Yusuf Ramanda, Fazri Rohi Dedza, I Kadek Arya Wiratama, Li men, dan R Asnawi di peringkat ketiga.