Gadget

Ini Janji Apple Jika Ada iPhone Pengguna Disusupi Spyware

  • 30 November 2021
  • Bagikan :
    Ini Janji Apple Jika Ada iPhone Pengguna Disusupi Spyware Ilustrasi foto: Unsplash

    Uzone.id -- Semakin canggih teknologi maka sudah semestinya setiap pengguna harus lebih waspada terhadap serangan siber seperti penyusupan virus malware hingga spyware ke perangkat mobile. Hal ini nyatanya menjadi perhatian khusus bagi Apple.

    Raksasa teknologi asal Cupertino, Amerika Serikat ini berjanji akan memberitahu pengguna iPhone jika perangkat mereka telah disusupi virus mata-mata atau spyware yang disokong oleh pemerintah negara.

    Apple mempublikasikan rencananya untuk memberi peringatan kepada pengguna iPhone sebagai korban peretasan ini setelah perusahaan melayangkan gugatan hukum terhadap NSO Group, di dalamnya Apple mengklaim bahwa perusahaan Israel melanggar hukum AS dengan menjual spyware untuk meretas iPhone.

    Baca juga: 2022, Apple Bakal Rilis Headset AR Sekencang MacBook?

    Mengutip NBC, ketika Apple mendeteksi ada pengguna iPhone yang menjadi target peretasan spyware dari pemerintah negara lain, perusahaan akan mengirim pesan melalui iMessage dan email ke alamat si pengguna. Tak hanya itu, Threat Notification akan ditampilkan saat pengguna masuk ke Apple ID.

    “Para pengguna iPhone ini ditargetkan secara individu karena identitas mereka atau pekerjaan mereka,” ungkap Apple di dalam dokumennya.

    Apple melanjutkan, “tak seperti kriminal siber tradisional, para penyerang spyware dari pemerintahan menerapkan sumber luar biasa untuk menargetkan kelompok kecil dari individu spesifik dan perangkat mereka. Hal ini membuat serangan ini lebih sulit dideteksi dan dicegah.”

    Baca juga: Apple Patenkan iPhone dengan Bodi Serba Kaca

    Menurut Apple, serangan spyware yang disokong pemerintah negara sifatnya sangat kompleks, membutuhkan jutaan dollar untuk bisa dikembangkan, dan biasanya memiliki umur ‘hidup’ yang singkat.

    “Kalau menargetkan pengguna iPhone secara besar-besaran, tidak akan menggunakan serangan seperti ini,” kata pihak Apple.

    Pihak Apple tidak memberikan tanggapannya ketika ditanya soal masalah ini.

    VIDEO: Realme C25Y Review, Entry-level yang Punya Kamera 50MP

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini