Sponsored
Home
/
Lifestyle

Ini Kebiasaan Belanja Wanita & Hubungannya Dengan Gaji

Ini Kebiasaan Belanja Wanita & Hubungannya Dengan Gaji
Preview
Redaksi Cosmopolitan Indonesia29 November 2018
Bagikan :

Yes, hari gajian akhirnya tiba! As millennials, we do love spending our money. Terutama ketika baru gajian; mulai dari membeli kopi di kafe favorit, membeli gadget keluaran terbaru, sampai membeli tiket untuk traveling ke negara impian. Namun tak cuma sekadar “boros dan gemar menghamburkan uang sembarangan” seperti anggapan banyak orang, generasi milenial juga peduli soal “keadaan” dompetnya. Yes, we do care about HOW we spend it, too.

Berdasarkan survei terbuka yang Cosmo lakukan terhadap 260 pekerja wanita milenial Indonesia (antara 19 - 35 tahun) beberapa waktu lalu, generasi ini ternyata mau membayar sejumlah uang demi asuransi kesehatan setiap bulannya (yes, kami juga peduli soal hal itu). And yes, generasi Y juga tahu kapan harus “menyimpan dalam-dalam” kartu kredit mereka di dasar tas ketika sudah mencapai batas. Dengan kata lain, generasi milenial tak seburuk anggapan yang beredar, kok. Ingin tahu lebih lengkap hasil survei Cosmo mengenai bagaimana kebiasaan belanja pekerja wanita milenial Indonesia dan hubungannya dengan gaji mereka? Here it is.

Money Phoney

56% menghabiskan kurang dari Rp200.000,- setiap bulannya untuk kebutuhan smartphone mereka. Termasuk di antaranya adalah biaya untuk kuota internet, pulsa telepon, serta biaya langganan Spotify.

Health Insurance

67% sudah memiliki asuransi kesehatan pribadi, dan 14% di antaranya menghabiskan lebih dari Rp1.000.000,- setiap bulannya untuk membayar asuransi tersebut.

Good Times

70% menghabiskan 30% dari total pendapatan mereka untuk makan di restoran atau nongkrong bersama sahabat di kafe favorit. Semisal gaji mereka adalah Rp10.000.000,-, maka sekitar Rp3.000.000,- di antaranya habis untuk nongkrong di kafe.

What Other Woman Earn

36% berpenghasilan (gaji bersih) di bawah Rp5.000.000,-

45% berpenghasilan antara Rp5.000.000,- sampai Rp10.000.000,- (mayoritas berada di range ini)

12% berpenghasilan antara Rp10.000.000,- sampai Rp15.000.000,-

7% berpenghasilan di atas Rp15.000.000,-

Spendy McGee

Mayoritas pengeluaran tiap bulannya adalah untuk: 

  1. Food, glorious food
  2. The cost of living (biaya listrik, air, internet, laundry, transportasi, kos, dll)
  3. Flawless skin care & cosmetics
  4. Saving for something big
  5. Socializing (wine, beer, coffee)
  6. Pamper myself (yes, that’s important!)

Stay Fit

85% tidak memiliki gym membership. Namun 7% di antaranya tetap menghabiskan lebih dari Rp500.000,- setiap bulannya untuk biaya berolahraga.

Getting Around

Mayoritas menghabiskan kurang dari Rp.1.000.000,- setiap bulannya untuk biaya transportasi (atau bensin) dan tol.

Make It Rain

20% menghabiskan Rp1.000.000,- sampai Rp2.000.000,- untuk bersosialisasi bersama teman. Sedangkan sisanya mengaku menghabiskan kurang dari Rp1.000.000,- setiap bulannya. Benar, nih?

Credit Cards

49% pekerja wanita milenial (ternyata) belum memiliki kartu kredit. Ini berarti satu dari dua wanita Indonesia masih belum bergantung pada si kartu serba-bisa.

Swipe Right

50% pemilik kartu kredit hanya memiliki 1 kartu.

22% sisanya memiliki tiga atau lebih kartu kredit. Ups, hati-hati, ya!

On Debt

Oops, 30% pemilik kartu kredit ternyata tidak membayar lunas tagihan mereka tiap bulannya. 50% di antaranya bahkan hanya membayar biaya minimum saja. Be careful, dear.

Top Spender

1 dari 2 wanita milenial Indonesia menghabiskan Rp1.000.000,- sampai Rp2.000.000,- setiap bulannya lewat kartu kredit mereka. Hey, that’s not too much!

(Alvin Yoga / FT / Image: Dok)

populerRelated Article