Home
/
Automotive

Ini Keluhan Ojek Online Pakai Motor Listrik Viar Q1

Ini Keluhan Ojek Online  Pakai Motor Listrik Viar Q1

Viar Q1 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Tomy Tresnady30 June 2022
Bagikan :

Uzone.id - Sebut saja Heri, salah satu abang ojek online yang mengandalkan motor listrik Viar Q1 yang dia sewa dari pihak Grab dengan harga Rp50 per hari.

Meskipun modal jadi abang ojol bisa ditekan karena tak perlu belanja bensin, namun Heri tetap mengeluhkan kekurangan Viar Q1 ini, di antaranya ngecas baterai butuh waktu 5 jam dari mulai 0 hingga 100 persen di rumahnya.

"Saya kalau ngecas pulang dulu ke rumah. Bisa lima jam sekali ngecas," kata Heri saat berbincang dengan Uzone.id.

BACA JUGA: Bukan Innova EV, Toyota Pilih bZ4X Jadi Mobil Listrik Pertama di RI

Untuk mengurangi bolak-balik ke rumah cuma buat ngecas baterai, Heri membawa baterai cadangan.

Lagi-lagi Heri mengeluh karena khawatir jika baterai motornya dicuri orang lain. Masalahnya, harga baterai tak murah.

Selain itu, Heri berharap banyak kepada pihak Grab agar membuka beberapa titik lokasi pengecasan baterai untuk para ojol.

BACA JUGA: Menguji Fitur Anti Tabrakan Pada Toyota Veloz, Seberapa Canggih?

"Udah diajuin (agar Grab buka titik lokasi pengecasan motor listrik), tapi masih dipikirin (Grab)," kata dia.

Kekurangan lainnya, kata Heri, motor listrik ini akan sangat berat bebannya jika membawa penumpang yang beratnya lebih dari 70 kg.

Ada satu lagi kekurangannya, Hari mengatakan Viar Q1 sama dengan motor listrik lainnya, yaitu gak kuat nanjak.

Untuk All New Viar Q1 sendiri pertama kali meluncur di ajang pameran otomotif GIIAS 2019. Motor listrik rakitan lokal ini saat itu dihargai Rp18,9 juta.

Spesifikasi Viar Q1

Dimensi

P x L x T : 1680 x 690 x 1220 mm

Jarak Sumbu Roda : 1060 mm

Jarak Terendah Ke Tanah : 155 m

Berat : 87.5 Kg

Mesin

Mesin : Motor Bosch

 

Top Speed: 60 km/jam

 

Jarak Tembuh : 60 km

Baterai

Baterai : Lithium-ion battrey (60v20AH)

Waktu Isi Baterai : 5-7 Jam

Baterai Life : 600-800 cycles

Kapasitas Baterai : 2 Kwh

Rangka

Tipe Rangka : Steel

Suspensi Depan : Telescopic

Suspensi Belakang : Double Swing Shock Absorber

Roda Depan : 90/90-10 (Tubeless)

Roda Belakang : 90/90-10 (Tubeless)

Rem Depan : Hydrolic Disk Brake

Rem Belakang : Hydrolic Disk Brake

Charger

Charger Input : 220 Volts

Charger Power : 50 Hz

populerRelated Article