icon-category Auto

Ini Keluhan Ojek Online Pakai Motor Listrik Viar Q1

  • 30 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Viar Q1 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Sebut saja Heri, salah satu abang ojek online yang mengandalkan motor listrik Viar Q1 yang dia sewa dari pihak Grab dengan harga Rp50 per hari.

    Meskipun modal jadi abang ojol bisa ditekan karena tak perlu belanja bensin, namun Heri tetap mengeluhkan kekurangan Viar Q1 ini, di antaranya ngecas baterai butuh waktu 5 jam dari mulai 0 hingga 100 persen di rumahnya.

    "Saya kalau ngecas pulang dulu ke rumah. Bisa lima jam sekali ngecas," kata Heri saat berbincang dengan Uzone.id.

    BACA JUGA: Bukan Innova EV, Toyota Pilih bZ4X Jadi Mobil Listrik Pertama di RI

    Untuk mengurangi bolak-balik ke rumah cuma buat ngecas baterai, Heri membawa baterai cadangan.

    Lagi-lagi Heri mengeluh karena khawatir jika baterai motornya dicuri orang lain. Masalahnya, harga baterai tak murah.

    Selain itu, Heri berharap banyak kepada pihak Grab agar membuka beberapa titik lokasi pengecasan baterai untuk para ojol.

    BACA JUGA: Menguji Fitur Anti Tabrakan Pada Toyota Veloz, Seberapa Canggih?

    "Udah diajuin (agar Grab buka titik lokasi pengecasan motor listrik), tapi masih dipikirin (Grab)," kata dia.

    Kekurangan lainnya, kata Heri, motor listrik ini akan sangat berat bebannya jika membawa penumpang yang beratnya lebih dari 70 kg.

    Ada satu lagi kekurangannya, Hari mengatakan Viar Q1 sama dengan motor listrik lainnya, yaitu gak kuat nanjak.

    Untuk All New Viar Q1 sendiri pertama kali meluncur di ajang pameran otomotif GIIAS 2019. Motor listrik rakitan lokal ini saat itu dihargai Rp18,9 juta.

    Spesifikasi Viar Q1

    Dimensi

    P x L x T : 1680 x 690 x 1220 mm

    Jarak Sumbu Roda : 1060 mm

    Jarak Terendah Ke Tanah : 155 m

    Berat : 87.5 Kg

     

    Mesin

    Mesin : Motor Bosch

     

    Top Speed: 60 km/jam

     

    Jarak Tembuh : 60 km

    Baterai

    Baterai : Lithium-ion battrey (60v20AH)

    Waktu Isi Baterai : 5-7 Jam

    Baterai Life : 600-800 cycles

    Kapasitas Baterai : 2 Kwh

    Rangka

    Tipe Rangka : Steel

    Suspensi Depan : Telescopic

    Suspensi Belakang : Double Swing Shock Absorber

    Roda Depan : 90/90-10 (Tubeless)

    Roda Belakang : 90/90-10 (Tubeless)

    Rem Depan : Hydrolic Disk Brake

    Rem Belakang : Hydrolic Disk Brake

    Charger

    Charger Input : 220 Volts

    Charger Power : 50 Hz

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini