Ini Keluhan Ojek Online Pakai Motor Listrik Viar Q1
Viar Q1 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)
Uzone.id - Sebut saja Heri, salah satu abang ojek online yang mengandalkan motor listrik Viar Q1 yang dia sewa dari pihak Grab dengan harga Rp50 per hari.
Meskipun modal jadi abang ojol bisa ditekan karena tak perlu belanja bensin, namun Heri tetap mengeluhkan kekurangan Viar Q1 ini, di antaranya ngecas baterai butuh waktu 5 jam dari mulai 0 hingga 100 persen di rumahnya."Saya kalau ngecas pulang dulu ke rumah. Bisa lima jam sekali ngecas," kata Heri saat berbincang dengan Uzone.id.
BACA JUGA: Bukan Innova EV, Toyota Pilih bZ4X Jadi Mobil Listrik Pertama di RI
Untuk mengurangi bolak-balik ke rumah cuma buat ngecas baterai, Heri membawa baterai cadangan.
Lagi-lagi Heri mengeluh karena khawatir jika baterai motornya dicuri orang lain. Masalahnya, harga baterai tak murah.
Selain itu, Heri berharap banyak kepada pihak Grab agar membuka beberapa titik lokasi pengecasan baterai untuk para ojol.
BACA JUGA: Menguji Fitur Anti Tabrakan Pada Toyota Veloz, Seberapa Canggih?
"Udah diajuin (agar Grab buka titik lokasi pengecasan motor listrik), tapi masih dipikirin (Grab)," kata dia.
Kekurangan lainnya, kata Heri, motor listrik ini akan sangat berat bebannya jika membawa penumpang yang beratnya lebih dari 70 kg.
Ada satu lagi kekurangannya, Hari mengatakan Viar Q1 sama dengan motor listrik lainnya, yaitu gak kuat nanjak.
Untuk All New Viar Q1 sendiri pertama kali meluncur di ajang pameran otomotif GIIAS 2019. Motor listrik rakitan lokal ini saat itu dihargai Rp18,9 juta.
Spesifikasi Viar Q1
Dimensi |
P x L x T : 1680 x 690 x 1220 mm |
Jarak Sumbu Roda : 1060 mm | |
Jarak Terendah Ke Tanah : 155 m | |
Berat : 87.5 Kg | |
Mesin |
Mesin : Motor Bosch |
Top Speed: 60 km/jam | |
Jarak Tembuh : 60 km | |
Baterai |
Baterai : Lithium-ion battrey (60v20AH) |
Waktu Isi Baterai : 5-7 Jam | |
Baterai Life : 600-800 cycles | |
Kapasitas Baterai : 2 Kwh | |
Rangka |
Tipe Rangka : Steel |
Suspensi Depan : Telescopic | |
Suspensi Belakang : Double Swing Shock Absorber | |
Roda Depan : 90/90-10 (Tubeless) | |
Roda Belakang : 90/90-10 (Tubeless) | |
Rem Depan : Hydrolic Disk Brake | |
Rem Belakang : Hydrolic Disk Brake | |
Charger |
Charger Input : 220 Volts |
Charger Power : 50 Hz |