icon-category Auto

Ini Komentar Suzuki Indonesia Soal Jimny Malah Diproduksi di India

  • 29 Feb 2020 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Sejak kemunculannya, Suzuki Indonesia kepengin banget melokalisasi Jimny di Indonesia. Apalagi barangnya langka dan peminatnya menggila di Indonesia.

    Eh tapi kok malah informasi terbaru yang beredar, Maruti Suzuki di India yang akan memproduksinya. Disana, Maruti Suzuki akan memproduksi Jimny versi panjang alias Long Wheel Base.

    Informasi ini pastinya bikin Indonesia gondok, karena banyak negara yang berebut untuk memproduksi Jimny diluar Jepang. Sejauh ini, hanya Jepang yang memproduksi Jimny untuk seluruh dunia.

    Baca juga: DFSK Bersiap Luncurkan Van Pesaing Gran Max

    Nah, pasar Indonesia dan India kan sama-sama besar, karakteristik konsumennya pun mirip. Sama-sama punya pabrik besar, meski secara penjualan, Suzuki di India jadi salah satu pabrikan paling laris dan terbesar.

    Terus, apa komentar Suzuki Indonesia soal produksi Jimny yang ternyata malah di India? "Ah itu mah bukan resmi dari prinsipal kita bro, tunggu aja info resmi dari prinsipal di Jepang," ujar Donny Saputra, Direktur Marketing Suzuki Indomobil Sales.

    Hmm, bisa jadi, Sebab, sejauh ini pun informasi soal produksi Jimny di India berasal dari media-media di India. Selain itu, memang belum ada informasi resmi apapun dari Suzuki Motor Corporation di Jepang.

    Apakah langkah Maruti Suzuki di India tersebut merupakan salah satu bentuk provokasi terhadap prinsipalnya di Jepang agar alokasi produksi Jimny diluar Jepang dilakukan di India? Bisa jadi.

    Tapi untuk konsumen Indonesia, perbedaannya Jimny bakal diproduksi di India atau Indonesia bakal tipis, karena ada kerjasama dagang Indonesia-India, yang ngebuat skema kebijakan perpajakannya dan bea masuknya pun ringan.

    VIDEO Mitsubishi New Triton Ultimate Test Drive, Terlalu Canggih Buat Offroad

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini