home ×
Gadget

Ini Komputer Pertama yang Disebut Laptop, Harganya Rp3,8 Jutaan

14 August 2020 By
Ini Komputer Pertama yang Disebut Laptop, Harganya Rp3,8 Jutaan
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Penggunaan laptop saat ini sudah menjadi tren. Namun tahukah kamu ternyata istilah laptop sudah mulai dikenal sejak 1983. Perangkat komputer pertama yang disebut laptop bukanlah dari HP atau Compaq.

Perangkat komputer pertama yang disebut laptop berasal dari Gavilan Computer Corp. Nama modelnya adalah Gavilan SC yang dibuat oleh pendiri perusahaan tersebut, Manuel Fenandez.

Gavilan SC merupakan perangkat komputasi pertama yang dipasarkan dengan sebutan laptop. Komputer itu dilempar ke pasar pada Mei 1983 dengan harga USD4000.

gavilan sc

Kala itu, menurut laman Wikipedia, harga satu dolar sama dengan Rp970. Itu artinya, pada tahun tersebut Gavilan SC dijual sekira Rp3,8 jutaan. Namun jika menggunakan kurs tahun ini, laptop pertama di dunia itu bisa dibanderol Rp59 jutaan.

Namun bentuk Gavilan SC bisa dibilang kecil tapi tidak enteng. Beratnya sekira 4 kilogram dan hadir pertama kali dilengkapi dengan MS-DOS dan Intel 8088 5 MHz. Spesifikasi lainnya yang diusung laptop ini adalah memori CMOS 64KB, drive floppy disk, sebuah pointer berbentuk touchpad, dan modem 300-baud.

gavilan sc-2

Meskipun ukurannya kecil dibandingkan standar laptop yang ada saat ini, termasuk layarnya yang hanya memuat sekitar 5 baris teks, Gavin SC diklaim lebih kompak ketimbang komputer portabel lainnya. Salah satu yang menyaingi adalah IBM PC Compaq Portable yang beratnya mencapai 13 kilogram.

Sayangnya, meski memilliki komputer laptop pertama di dunia, Gavilan Computer Corp tidak bertahan lama sebagai perusahaan. Gavilan Corp bangkrut dan akhirnya ditutup pada 1985.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Andar str 14 August 2020 | 18:54:53

Bentuknya kayak kalkulator

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article