home ×
Digilife

Ini Penyebab Layanan Google Down Semalam

15 December 2020 By
Ini Penyebab Layanan Google Down Semalam
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Tadi malam, sejumlah layanan Google, mulai dari mesin pencarian, YouTube, Gmail, Google Drive hingga Google Assistant down. Lalu, apa penyebab layanan Google down nyaris secara bersamaan.

Pemadaman layanan semacam ini cenderung terjadi dari waktu ke waktu, perusahaan seperti Zoom, Garmin, dan bahkan Comcast mengalami pemadaman serupa pada awal tahun ini.

Namun, jika itu terjadi dengan sesuatu sebesar Google, hal itu berpotensi berdampak pada sebagian besar populasi warga internet yang menggantungkan hidupnya terhadap raksasa perusahaan internet ini.

Baca juga: Kronologi Google Groups Down

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Google telah berhasil memperluas jangkauannya ke hampir semua hal, sejak didirikan pada tahun 1998.

Meskipun Google tetap menjadi salah satu mesin pencarian paling populer, perusahaan telah memperluas kehadirannya ke banyak aspek kehidupan sehari-hari, dari layanan produktivitas seperti Gmail hingga pilihan hiburan YouTube dan YouTube Music .

Baca juga: YouTube Down, Video Tak Bisa Diakses


Google juga mulai membuat namanya di industri rumah pintar juga. Semua itu berarti ketika layanannya mengalami down, itu juga masalah.

Nah, masalah layanan Down ini. Google sudah memberikan penjelasan melalui akun Twitter resmi mereka yang beralamat di @GoogleCloud.


Mereka melaporkan "sebuah sistem autentikasi outage " yang berlangsung kira-kira 45 menit, menghubungkan masalah penyimpanan internal.  

“Hari ini, pukul 3.47 pagi PT Google mengalami gangguan sistem otentikasi selama sekitar 45 menit karena masalah kuota penyimpanan internal. Ini diselesaikan pada jam 4:32 pagi PT, dan semua layanan sekarang dipulihkan,” demikian cuit Google, seperti dikutip Uzone.id, Selasa (15/12).

Kendati sudah berjalan normal, Google berjanji tetap akan melakukan investigasi mengenai masalah tersebut.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article