Technology

Ini Produk Pertama Pilihan Huawei yang Pakai OS Harmony

  • 12 August 2019
  • Bagikan :

     

    (Foto: dok. Honor)

    Uzone.id -- Huawei telah memperkenalkan sistem operasi bikinannya sendiri yang diberi nama HarmonyOS. Lalu, kira-kira gadget apa yang pertama kali akan pakai OS ini?

    HarmonyOS yang diberi nama Hongmeng di China ini memang baru akan dirilis secara resmi pada akhir tahun 2019. Namun, Huawei sudah menentukan gadget pertama yang akan berjalan pakai Harmony.

    Ternyata, bukan ponsel pintar. Sesuai rumor yang beredar, Huawei memiliki TV pintar produksi anak perusahaan Honor. TV pintar itu diberi nama Honor Vision.

    Mengutip Mashable, TV pintar Honor Vision ini mengusung layar 55 inci. Alih-alih menonjolkan kecanggihan layar seperti TV pintar pada umumnya, Honor justru kabarnya akan fokus pada fitur-fitur cerdas yang akan melengkapi perangkat ini. Sebenarnya gak mengejutkan, secara ini adalah TV pintar Honor pertama.

    Baca juga: Akhirnya Huawei Pamer OS Penantang Android

    Beberapa fitur yang dirumorkan akan hadir di Honor Vision adalah kamera pop-up yang juga bisa digunakan untuk face recognition, sensor body tracking and posture detection, fitur berbagi gambar langsung dari ponsel pintar yang lebih cepat 100 kali lipat dari Bluetooth, hingga kontrol perangkat smart home lain pada layar TV.

    Seperti yang sebelumnya diberitakan, Harmony berbasis microkernel atau inti kernel yang paling dasar. Harmony dapat digunakan untuk berbagai perangkat, mulai dari ponsel pintar, speaker pintar, perangkat-perangkat wearable, hingga sistem di dalam kendaraan yang terhubung dengan internet.

    Baca juga: Huawei Rilis Ponsel Lipatnya September?

    Sejak Huawei sempat masuk daftar hitam (blacklist) pemerintah Amerika Serikat dan dilarang menjalin kerja sama dengan perusahaan asal AS, kelanjutan penggunaan OS Android dari Google masih menjadi tanda tanya besar bagi produk Huawei di masa depan.

    Meski sekarang Harmony telah secara resmi diperkenalkan, masih belum jelas nasib Android pada perangkat Huawei akan seperti apa -- apakah lambat laun akan digantikan dengan Harmony sepenuhnya atau tidak.