icon-category Digilife

Ini Solusi Main Lato-lato Biar Gak Ganggu Kuping Teman dan Tetangga

  • 19 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Lato-lato (Dok. Groovy History)

Uzone.id – Bagi generasi 1990an, kebangkitan lato-lato merupakan sebuah nostalgia tersendiri untuk mengenang masa kecil. Awalnya memang begitu, tapi saking viralnya, lato-lato saat ini sering kali membuat banyak orang terganggu.

Tek, tek, tek, tek, tek, tek, tek,” ya begitulah kira-kira suara lato-lato yang menghiasi hari-hari warga Indonesia saat ini. Dimanapun dan kapanpun, suara lato-lato ini terus menghantui kuping orang dewasa.

Pagi hari ketika berangkat kerja, hingga malam hari ketika hendak masuk ke rumah, di gang-gang, jalan, maupun depan rumah, anak-anak seru sekali bermain dua bola yang digantung menggunakan tali ini.

Fenomena lato-lato yang awalnya bikin seru, jadi bikin annoying dan bahkan menimbulkan polusi suara. 

Baca juga: 5 Layanan untuk Kirim Angpao Imlek Secara Digital

Kalian para pecinta lato-lato pasti pernah mendapatkan tatapan sinis atau bahkan teguran ketika main game ini di jam-jam yang cukup sensitif. 

Nah, ada satu solusi yang bisa kalian gunakan ketika ingin bermain lato-lato, tanpa menimbulkan polusi suara.

Caranya? Pakai aplikasi lato-lato saja. Yup, tak hanya dimainkan secara fisik, lato-lato bisa dimainkan di smartphone kalian.

Di Android, ada game bernama Lato Lato The Game yang dikembangkan oleh Leolit Games, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 50 ribu kali.

Game ini kurang lebih sama dengan main lato-lato seperti biasanya, bedanya kalian menggunakan jari kalian di layar ponsel untuk memainkan game ini. Suaranya pun sama, kok. Lato-lato versi aplikasi ini bisa jadi alternatif bagi saudara, anak, atau kalian sendiri selain main lato-lato secara fisik.

Kelebihan lainnya, ada berbagai mode permainan dan level yang bisa kalian mainkan.

Setidaknya dengan game ini kalian tidak akan diusir dari rumah, atau mendapat teguran dari orang lain karena kalian bisa mengatur setting suara game ini menjadi lebih kecil.

Baca juga: Bikin Kapsul Musik Pakai ‘Playlist in a Bottle’ di Spotify, Begini Caranya

Jika kalian masih ingin mendengar suara lato-lato secara nyaring, pakai earphone, headset atau TWS agar bisa puas memainkan lato-lato online tanpa diganggu.

Gak cuman meredam suara, main lato-lato di aplikasi pun bisa mengurangi resiko lebam dan sakit tangan karena bola lato-lato yang kena ke tangan. Kalian juga masih bisa bermain bersama teman-teman kalian, lewat ponsel masing-masing.

Dengan game online lato-lato ini, kalian akan berkontribusi mengurangi polusi suara dan tidak membuat banyak pihak kesal karena suara lato-lato yang cukup nyaring dan menganggu.

Selamat mencoba!

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini