Ini Syarat Fitur Idling Stop System di Motor Honda Bisa Bekerja
Uzone.id -- Saat ini konsumsi bahan bakar sebuah sepeda motor menjadi pertimbangan paling besar bagi konsumen sebelum membeli motor. Sejumlah inovasi pun dilakukan oleh pabrikan untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar yang tinggi, satu di antaranya adalah fitur Idling Stop System (ISS).
Ade Rohman selaku Sub Dept Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora mengatakan fitur ISS mampu menekan konsumsi bahan bakar dan menekan kadar emisi gas buang. Mengingat fitur ini dapat mematikan mesin motor ketika sedang berhenti dan menyala kembali saat pengendara membuka tuas gas."Ketika pengendara berhenti di lampu merah atau terjebak kemacetan, dalam waktu 3 detik mesin akan mati secara otomatis. Dengan begitu konsumsi bahan bakar yang tidak perlu akan berkurang dan emisi gas buang akan menurun," ujar Ade dalam keterangan resmi.
Cara untuk menggunakan fitur ini pun sangatlah mudah, cukup menekan tombol ISS ke posisi idling pada saklar kanan stang. Saat tombol berada di posisi idling, maka lampu indikator pada panel meter akan menyala.
Saat ini semua motor matic Honda sudah menggunakan telah dilengkapi tombol ISS tersebut, kecuali PCX 160. Pada motor terbaru, fitur ISS sudah otomatis aktif setiap kali kunci kontak diputar ke posisi 'ON'.
Namun tidak semua kondisi membuat fitur ISS ini bekerja, terdapat syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh motor. Berikut persyaratannya:
- Tekan tombol Idling Stop pada posisi “Idling Stop”
- Putaran mesin standar 1700 rpm +/- 100
- Temperatur mesin melebihi 60 derajat celcius
- Motor telah mencapai kecepatan melebihi 10 kilometer/jam
- Handle gas (throttle) dalam posisi tertutup penuh
- Hidupkan mesin menggunakan Electric starter (ECM membaca kapasitas baterai tegangan saat electric starter digunakan dan ISS bekerja)
"Fitur ISS dapat ditemui pada beberapa motor matic Hodna seperti PCX 150, PCX 160, Vario, BeAT, dan Scoopy. Untuk memaksimalkan manfaat ISS, jangan lupa lakukan pemeriksaan, perawatan rutin, dan selalu menggunakan Honda Genuine Parts agar fitur tersebut selalu berfungsi dengan baik dan mesin dalam kondisi prima," tutup Ade.
Sebagai tambahan informasi, fitur ISS pertama kali hadir pada Honda PCX generasi lawas. Kemudian fitur ini turun ke Honda Vario, yang berangsur ke matic entry level seperti BeAT dan Scoopy.
Hingga saat ini fitur tersebut masih diandalkan oleh Honda sebagai salah satu cara mencekik penggunaan bensin ketika motor berhenti di kemacetan.