icon-category Travel

Ini Tips Liburan ke Dieng yang Lagi Dingin Banget

  • 27 Jun 2019 WIB
Bagikan :

(Foto: Twitter)

Uzone.id - Datarang Tinggi Dieng, Jawa Tengah, lagi gak kayak biasanya nih. Suhu dingin di sana menyebabkan fenomena frost alias embun beku yang menyerupai salju.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah menyampaikan hal itu dalam akun Twitternya (@infoHumasBMKG) pada Rabu, 25 Juni 2019.

Kondisi ini tentu bikin penasaran beberapa wisatawan. Wajah sih, karena fenomena embun beku hanya terjadi setahun sekali selama sekitar Juli-Agustus.

Baca juga: Dieng Bersalju Seperti Eropa, Suhunya Sampai -5 Derajat

Kalau kamu juga kepingin berlibur ke sana untuk melihat embun beku, ada beberapa tips yang perlu kamu catat.

Ketika terjadi frost di Dataran Tinggi Dieng, suhunya bisa mencapai minum lima derajat Celsius. Mengutip CNN, kamu bisa mengenakan pakaian berlapis—termasuk sarung tangan dan topi—untuk melindungi tubuh dari hujan atau hawa dingin.

Jas hujan juga harus ada di dalam tas, kalau-kalau hujan turun secara tiba-tiba. Jika baju basah gara-gara kehujanan, jangan memakainya lagi untuk tidur. Hal itu bisa bikin kamu hipotermia.

Baca juga: Kemenpar Siapkan Pedoman Wisata Halal di Indonesia

Bila mau camping, kamu perlu membawa tenda double layer—tenda dua lapis—supaya embun hanya sampai ke lapisan tenda terluar.

Untuk berjaga-jaga kalau semua barang tidak bisa juga menghangatkan tubuh, kamu perlu membawa selimut aluminium. Ini adalah salah satu perlengkapan darurat untuk mencegah hipotermia.

Satu lagi yang tidak boleh ketinggalan, yaitu termos. Air di Datarang Tinggi Dieng sangat dingin dan bisa bikin sakit di tenggorokan kalau diminum. Termos berfungsi untuk menyimpan air hangat.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini